Himsera FKIP Untan Mengadakan PKM di Sekadau




  Pengambdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan dan Penelitian yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa maupun dosen yang bernaung dalam organisasi perguruan tinggi. Begitupun dengan mahasiswa dan dosen yang berada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Untan.
            Dalam melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah (Himsera) FKIP Untan menyelenggarakan kegiatan di Dusun Serasau Jaya, Desa Peniti Kabupaten Sekadau dengan jumlah peserta keseluruhan lebih dari 80 orang.
            Dusun Serasau Jaya, Desa Peniti merupakan daerah yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Kab. Sekadau. Selain itu, wilayah ini juga memiliki unsur historis dan budaya yang masih dijaga hingga saat ini. Secara historis, Dusun ini secara mayoritas dihuni oleh masyarakat transmigran dari berbagai pulau di Indonesia. Sedangkan dalam unsur budaya, masyarakat disana masih mempertahankan kesenian kuda lumping yang tetap terawatt hingga saat ini. Dusun yang mayoritas masyarakatnya bersuku Jawa ini juga secara wilayah diapit oleh oleh dua suku Khas Kalimantan Barat seperti Melayu dan Suku Dayak dengan toleransi yang tinggi.
            Kegiatan PKM Himsera FKIP Untan dilaksanakan dari tanggal 21-25 Januari dengan berbagai macam kegiatan menarik,meliputi :
1.      Pembukaan.
Kegiatan pembukaan dilaksanakan pada malam pertama di Balai Dusun Kantor Ado yang sekaligus juga merupakan pusat dari kegiatan PKM Himsera (21/1). Antusias masyarakat ditunjukkan melalui ramainya masyarakat yang berkunjung ke lokasi acara, mulai dari Sekretaris Desa (Karena Kepala Desa Berhalangan), Kepala Dusun, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta masyarakat baik pria dan wanita dari berbagai rentang usia.
2.      Silaturahmi
Kegiatan silaturahmi dilaksanakan dengan mengunjungi rumah masyarakat yang ada di Dusun tersebut, peserta didampingi panitia mengunjungi rumah masyarakat dengan tujuan memperkenalkan diri, mensosialisasikan program studi dan universitas, menjelaskan latar belakang kegiatan PKM dan masih banyak lagi. Kegiatan silaturahmi juga mendapat sambutan yang baik dari seluruh masyarakat yang rumahnya dikunjungi.
3.      Bakti Sosial
Berbagai macam kegiatan bakti sosial dilaksanakan, mulai dari membersihkan Mushalla dan Masjid, membersihkan makam, membuat plang nama jalan, menyediakan tong sampah untuk diletakkan ditempat-tempat umum dan masih banyak lagi.
4.      Kerakyatan
Kegiatan kerakyatan diperuntukan terlebih untuk menghibur anak-anak yang ada di Dusun tersebut, adapun kegiatan yang dilaksanakan meliputi lomba tradisional seperti tarik tambang, estafet karet, memasukkan paku kedalam botol, balap karung, dan beberapa permainan tradisional lainnya. Kegiatan bertambah meriah ketika peserta (anak-anak-red) ketika mengetahui ada hadiah yang akan dibagikan bagi pemenang lomba. Lomba tradisional sengaja dipilih oleh panitia guna mengingat banyaknya dampak positif yang terdapat di dalamnya seperti bersosialisasi, kerja sama team, merawat kearifan lokal dan masih banyak lagi.
5.      Sosialisasi
Mengingat akan bahaya narkoba, maka kegiatan sosialisasi difokuskan dengan tema Penanggulangan Dampak dan Bahaya Narkoba, kegiatan di isi langsung oleh pemateri dari Satnarkoba Polres Sekadau. Respon positif juga diperoleh dari kegiatan sosialisasi ini, banyaknya kuantitas warga yang hadir guna menyaksikan kegiatan sosialisasi ini bahkan membuat aula Balai Dusun tidak memadai, solusinya masyarakat tetap mengikuti sosialisasi tersebut dengan duduk-duduk disekitar lokasi mengingat aula Balai Dusun yang memang terbuka. Selain itu, komunikasi interaktif juga terjadi antara pemateri, peserta maupun warga yang mengikuti sosialisasi tentang bahaya narkoba tersebut.
6.      Pelatihan daur ulang barang bekas
Kegiatan daur ulang barang bekas ini diperuntukan bagi ibu-ibu, berbagai macam kreatifitas dihasilkan dari barang bekas yang diolah sedemikan rupa mulai dari tempat tisu dari anyaman koran, bunga dari limbah pipa sedotan, pot bunga dari daur ulang kardus, bola lampion dari limpah gelas air kemasan dan masih banyak lagi.
7.      Bimbingan Belajar
Hampir setiap hari mulai tanggal 21-25 Januari 2017 anak-anak di Dusun Serasau Jaya berbondong-bondong mendatangi Balai Dusun dengan berbekal tas dan buku pelajaran. Mereka mengikuti kegiatan bimbel (bimbingan belajar) yang diajarkan oleh peserta kegiatan PKM Himsera ini. Menariknya, tidak hanya anak-anak dari Dusun Serasau Jaya saja yang datang untuk belajar, namun juga anak-anak dari Dusun Merah Air yang merupakan dusun sebelah juga turut serta hadir untuk mengikuti bimbingan belajar. Selain itu, mayoritas anak-anak juga diantarkan oleh orang tua mereka yang peduli dengan pentingnya pendidikan.

8.      Bakti Pendidikan
Lain bimbingan belajar, lain pula bakti pendidikan. Bakti pendidikan dilaksanakan dengan mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sekadau, sekolah-sekolah tersebut antara lain SDN 38 Merah Air, SMP Negeri 3 Sekadau dan SMA Negeri 1 Sekadau. Inti dari kegiatan bakti pendidikan adalah menumbuhkan mental dari peserta kegiatan PPM guna berbicara didepan umum dan merasakan bagaimana tanggung jawab menjadi seorang guru yang tidak hanya sekedar mengajar namun juga mendidik. Selain itu, sambutan hangat diperoleh dari ketiga sekolah yang di kunjungi.


9.      Malam keakraban
Malam keakraban merupakan malam dimana ditutupnya rangkaian kegiatan yang telah disusun selama kurang-lebih lima hari dari kegiatan PKM Himsera FKIP Untan. Antusias masyarakat ditunjukkan dengan banyaknya kuantitas yang hadir, seperti Kepala Desa, Kepala Dusun, Tokoh Agama, Masyarakat dan Tokoh Adat, dan masyarakat.
Berbagai ucapan terima kasih ditujukan kepada masyarakat oleh dosen pembimbing PKM, Ketua Himpunan, dan Ketua Panitia dalam kata sambutannya. Kepala Desa Peniti sendiri dalam kata sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa yang telah menyelenggarakan kegiatan di wilayah Desa nya sesaat sebelum penyerahan plakat tanda ucapan terima kasih dari panitia. Selain itu, juga diadakan pembagian hadiah dari kegiatan kerakyatan yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya.
            Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Himsera FKIP Untan di Dusun Serasau Jaya, Desa Peniti Kabupaten Sekadau berjalan dengan lancar. Ricky, ketua panitia kegiatan mengucapkan ribuan terima kasih nya kepada seluruh pihak yang telah membantu baik moril maupun materil demi terselenggaranya kegiatan ini.
“Terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini, bapak ibu dosen pembimbing, bapak ketua prodi, birokrat Untan dan FKIP, Jiwasraya dan Mega Mall, seluruh masyarakat Dusun Serasau Jaya, Pemerintah Kabupaten Sekadau dan seluruhnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,” ungkap nya.
           

Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar