Culture Day Bukti Astra Motor Pontianak Cintai Budaya Indonesia



BujangAdau – Sebagai sebuah negara yang sangat luas dan kaya, Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan yang perlu dilestarikan. Kebudayaan ini dapat dijadikan sebagai identitas suatu bangsa sehingga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Kebudayaan sudah seharusnya dilestarikan, begitu pula dengan Astra Motor Pontianak yang menyelenggarakan culture day sebagai salah satu bukti dalam mencintai serta melestarikan budaya yang ada. Dalam culture day ini, para karyawan Astra Motor Pontianak menggunakan pakaian adat yang ada di Indonesia terutama di Kalimantan Barat.

Dilihat dalam official akun instagram @Honda_Kalbar yang diunggah pada 9 Mei 2019 lalu, terlihat foto-foto yang memperlihatkan seluruh karyawan Astra Motor Pontianak menggunakan pakaian adat. Ada yang menggunakan pakaian adat Melayu, pakaian adat Dayak, Chinese atau Tionghoa, ada yang menggunakan kebaya dan lain-lain. Sungguh sangat indah tentunya!

Namun, berbicara tentang kebudayaan. Kira-kira, apa ya kebudayaan tersebut? Baiklah, dalam artikel kali ini, BujangAdau akan menjelaskan apa itu kebudayaan yang diharapkan selanjutnya dapat membuat kita semua menjadi sadar budaya dan kemudian melestarikannya seperti yang dilakukan oleh Astra Motor Pontianak.

Koentjaraningrat (2009:146) menyatakan kata “Kebudayaan” berasal dari kata Sanskerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari buddhi yang berarti “budi” atau “akal”. Oleh karena itu, kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal. Dalam bahasa Inggris, kata culture merupakan kata asing yang sama artinya dengan kebudayaan yang berarti mengolah atau mengerjakan.



Tylor (dalam Poerwanto, 2000:52) mendefinisikan kebudayaan sebagai keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, adat dan pengetahuan dan berbagai kemampuan serta kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Lebih jauh, Maryaeni (2005:5) menjelaskan, “Kebudayaan pada dasarnya merupakan segala macam bentuk gejala kemanusian, baik yang mengacu pada sikap, konsepsi, ideologi, perilaku, kebiasaan, karya kreatif dan sebagainya”.

Terdapat tujuh unsur kebudayaan yang dapat ditemukan pada semua bangsa di dunia. Ketujuh unsur yang dapat kita sebut sebagai isi pokok dari tiap kebudayaan di dunia itu adalah:
        1) Bahasa,
        2) Sistem pengetahuan,
        3) Organisasi sosial,
        4) peralatan hidup dan teknologi,
        5) mata pencaharian hidup,
        6) Sistem religi,
        7) Kesenian.

Beberapa tahun yang lalu, Indonesia dihebohkan dengan kabar yang menyebutkan bahwa kebudayaan Indonesia diakui oleh bangsa lain. Beberapa kebudayaan tersebut sebut saja batik, reog ponorogo dan lain sebagainya. Tentu sangat miris jika terjadi hal demikian terulang lagi, apalagi jika sampai kebudayaan tersebut benar-benar selanjutnya menjadi milik bangsa lain tersebut. Oleh karena itu, kita semua wajib untuk melestarikan kebudayaan yang ada.

Lantas, mengapa kebudayaan harus dilestarikan? Kebudayaan harus dilestarikan karena agar kebudayaan tersebut dapat tetap lestari sehingga selanjutnya anak dan cucu kita pada generasi selanjutnya sebagai bangsa Indonesia dapat tetap menikmati dan memahami tentang budaya itu sendiri, sekaligus sebagai sarana edukasi jika Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang juga harus dilestarikan.

Alasan lain yaitu agar budaya tidak punah, agar tidak diakui negara lain, dan juga agar Indonesia lebih berwarna dengan lahirnya modifikasi baru dalam kebudayaan Indonesia. Sangat penting bukan menjaga kebudayaan yang kita miliki, oleh karena itu mari kita jaga bersama kebudayaan Indonesia agar budaya Indonesia tetap lestari.

Demikianlah informasi tentang culture day yang dilakukan Astra Motor Pontianak serta penjelasan tentang apa itu kebudayaan. Mari bersama kita jaga budaya yang ada. Tunggu informasi menarik lainnya di BujangAdau.net karena informasi menarik akan selalu dibagikan untuk kamu.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar