Asmara Subuh, Kenikmatan Yang Merugikan Pahala Puasa

Sumber : Google
                             
BujangAdau - Ramadhan di tahun 2016 masih bergulir melewati hari demi hari. Seluruh umat muslim bersorak sorai penuh semangat merayakan moment ibadah yang hanya datang satu bulan penuh setiap tahunnya. Bulan Ramadhan dijadikan pula sebagai momentum semakin memperbaiki kualitas ibadah umat muslim dengan cara menambah kuantitas beribadahnya  dibanding dengan bulan-bulan lainnya hingga akhirnya tiba dihari kemenangan umat muslim itu sendiri yaitu Idul Fitri.
Banyak hal menarik yang selalu di rindukan setiap bulan ramadhan tiba, mulai dari maraknya anak-anak bermain petasan dan meriam karbit sembari menunggu waktu berbuka atau seusai menjalanan sahur, tradisi berburu jajanan takjil ramadhan, ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka, dan tadarus Al-quran.
Dari sekian banyak hal yang dinantikan dibulan ramadhan, tentunya kita pernah mendengar kata asmara subuh atau kegiatan yang mayoritas dilakukan oleh muda-mudi setelah solat subuh. Adapun biasanya asmara subuh dilakukan di jalanan atau suatu tempat tertentu yang sudah disepakati sebelumnya. Sisi positif dari kegiatan asmara subuh biasanya digunakan sebagai waktu berolahraga kecil seperti jogging, berkumpul dan mengakrapkan diri sesama teman, dan mencari teman baru.
Namun kini kegiatan asmara subuh tidaklah dilakukan dengan tujuan-tujuan yang positif. Kegiatan asmara subuh yang harusnya dijadikan momentum untuk beribadah malah dijadikan ajang sesukanya yang bahkan malah mendatangkan mudharat dan mengurangi pahala puasa. Tidak sedikit muda-mudi tidak hanya sekedar berkumpul bersama melainkan juga melakukan hal-hal yang dilarang dalam syariat agama.
Adapun yang mereka lakukan biasanya adalah berjalan-jalan bersama pasangan masing-masing berkeliling kota menggunakan sepeda motor seusai solat subuh, bahkan adapula yang tidak menjalankan ibadah solat subuh melainkan langsung berjalan-jalan begitu saja. Tidak hanya sebatas itu saja, melainkan kegiatan jalan-jalan subuh ini dilakukan sambil berpegangan tangan dan bahkan tak jarang ditemui muda-mudi yang berpeluk-pelukan yang selain sudah jelas dilarang dalam agama juga termasuk perbuatan yang mengarah pada hal-hal negatif.
Selain dijadikan sebagai ajang pacaran, asmara subuh juga dijadikan momentum trek-trekan yang dilakukan oleh geng-geng motor dijalanan umum yang sudah pasti meresahkan masyarakat. Selain suara dari knalpot motor yang mengganggu biasanya pula ditambah dengan permainan petasan yang sudah pasti berbahaya.
“Sesungguhnya Allah memerintahkan (kepadamu) untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia meemberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pengajaran” (QS an-Nahl:90)
Ramadhan memang sejatinya dijadikan momentum semakin mendekatkan diri kepada Allah, maka dari itu sebaiknya yang harus kita lakukan adalah menambah kuantitas dalam beribadah dan menjauhi segala hal yang dilarang di dalam Islam seperti halnya asmara subuh yang selain dilarang dalam Islam juga dapat mengurangi pahala dalam berpuasa.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar