Kampung Wisata Kuantan, Pesona Pontianak Dari Tepian Sungai Kapuas



Cafe Tepian Kapuas


BujangAdau - Kita pasti pernah mengenal atau mendengar kata-kata yang menyatakan bahwa sungai adalah merupakan sebuah sumber peradaban. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya peradaban  pertama di dunia yang ada pada zaman perunggu pada kisaran tahun 3300-750 SM di Mesopotamia. 

Menariknya, Mesopotamia yang dinyatakan sebagai pusat peradaban pertama di dunia ini di lalui oleh dua sungai besar yaitu Sungai Tigris dan Sungai Eufrat. Tidak hanya Mesopotamia, sumber peradaban lain yang juga disertai oleh letaknya yang berada di sekitar aliran sungai juga terjadi Lembah Sungai Indus. 

Tidak hanya berbicara peran sungai di dunia, nampaknya sungai juga memiliki peranan penting bagi masyarakat di Indonesia terutama di Kalimantan Barat yang notabene memiliki Sungai Terpanjang di Indonesia yang dikenal dengan sebutan Sungai Kapuas.

Fakta dan sejarah mencatat, hampir seluruh keraton yang ada di Kalimantan Barat berada di wilayah bantaran sungai termasuk Sungai Kapuas. Kapuas sebagai sumber kehidupan masyarakat di Kalimantan Barat ini memiliki banyak manfaat baik bagi kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan berkepanjangan. Maka, begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari sungai Kapuas termasuk dalam bidang ekonomi dan pariwisata apabila kita pandai untuk memanfaatkannya.

Nahh, artikel ini akan memberikan sebuah lokasi di bantaran Sungai Kapuas yang sedang naik daun karena menawarkan panorama yang cantik dengan pemandangan Sungai Kapuas dan Jembatan Tol dengan lalu-lalang kendaraan di atasnya. Lokasi ini dikenal dengan Kampung Wisata Kuantan.
Potret Plang Kampung Wisata Kuantan

Panorama Kampung Wisata Kuantan


Lokasi Kampung Wisata Kuantan terletak di Gang. Kuantan, Jl. Imam Bonjol Kelurahan Benua Melayu Laut Kecamatan Pontianak Selatan yang selalu ramai karena dianggap sangat instagramable dan cocok untuk kongkow menghabiskan senja di Bumi Khatulistiwa. Menariknya lagi Kampung Wisata Kuantan ini dipenuhi warna-warni  baik itu pada atap, dinding, pagar hingga tembok yang dipenuhi mural nan indah dan juga terdapat Café Hits yaitu Café Tepian Kapuas.
Spot Foto Kampung Wisata Kuantan

Spot Foto Kampung Wisata Kuantan
Spot Foto Kampung Wisata Kuantan

Kampung wisata ini merupakan buah karya dan kratifitas dari Kelompok Sadar Wisata Benua Melayu Laut yang pendanaannya dibantu oleh dana dari Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Indonesia (BI).

Jika kamu muda-mudi Pontianak atau pendatang yang sedang berada di Pontianak yang suka mengabiskan waktu untuk bersantai di lokasi menarik, atau tengah mencari spot foto yang instagramable, berkunjung ke Kampung Wisata Kuantan dapat menjadi rekomendasi tempat selanjutnya.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar