Mari Sukseskan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau ke-VIII


sumber : @Gawaidayaksekadau2017


Adil Ka’ Talino Bacuramin Ka’ Saruga Basengat Ka’ Jubata

Bujangadau – Menjadi masyarakat yang tinggal di Kalimantan Barat dengan penduduk mayoritas suku Dayak pasti tidak asing pula dengan sebuah perayaan yang dikenal dengan sebutan Gawai. Perayaan tersebut menjadi agenda wajib setiap tahun yang selalu diperingati oleh masyarakat Dayak di Kalimantan Barat. Gawai sendiri dapat kita temui di seluruh pelosok wilayah Kalimantan Barat setiap musim panen tiba.

Di Kalimantan Barat, perayaan biasanya dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota terlebih dahulu kemudian diadakan secara terpusat di Rumah Radak’ng Pontianak oleh seluruh masyarakat Kalimantan Barat. Tujuan dari gawai ini sendiri kurang lebih sebagai acara selamatan sebagai ungkapan rasa syukur  atas hasil panen padi yang di rasakan.

Sama seperti Kabupaten yang lain, kali ini Kabupaten Sekadau juga akan melaksanakan Pekan Gawai Dayak. Acara ini akan di laksanakan pada tanggal 18-22 Juli 2017 di Betang Youth Center Sekadau. Di Sekadau, peringatan gawai juga menjadi agenda tahunan yang selalu di tunggu oleh seluruh masyarakat yang bermukim di wilayah yang akrap dikenal pula dengan sebutan Bumi Lawang Kuari tersebut.
Rumah Betang Youth Center Sekadau
Tema kegiatan juga sangat lekat dengan unsure adat dan budaya serta cinta akan tanah air. Tema gawai Dayak Kabupaten Sekadau pada tahun 2017 ini adalah “Melalui Gawai Dayak ke VIII Kabupaten Sekadau Tahun 2017, Kita Lestarikan Adat dan Budaya Ditengah Keberagaman Guna  Mempererat  Persatuan dan Kesatuan NKRI”.

Beberapa persiapan juga telah dipersiapkan panitia, saat Bujangadau berkunjung kesana, tampak panitia sedang sibuk mempersiapkan sarana pendukung acara, seperti stand, dekorasi, tenda, warung dan masih banyak lagi. Berbagai poster tanda ucapan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan juga sudah banyak terpampang rapi disepanjang jalan tidak jauh dari lokasi gawai akan di laksanakan.

Agaknya kegiatan gawai Dayak di Sekadau pada tahun 2017 ini juga tidak akan kalah meriahnya dengan acara yang digelar pada tahun-tahun sebelumnya. Beberapa rangkaian acara yang tersedia juga sangat menarik untuk disaksikan.

 Adapun acara-acara tersebut antara lain Pemilihan Bujang Dara Gawai, Tari Dayak Kreasi, Pop Singers, Melukis Perisai, Menganyam Capan, Pawai/ Display Budaya, Menyumpit, Bengkana, Pameran Budaya, Pangka’ Gasing dan tentunya masih banyak acara-acara menarik lainnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, lokasi perayaan selalu sesak di penuhi lautan manusia tidak hanya masyarakat Sekadau namun juga seluruh masyarakat Kalimantan Barat dan Indonesia tumpah ruah di Rumah Betang Youth Center Sekadau, bahkan wisatawan mancanegara juga selalu datang setiap tahunnya untuk menyaksikan perayaan gawai di Kabupaten Sekadau tersebut.

Mari hadiri acara gawai Dayak Kabupaten Sekadau ke-VIII, Cintai adat dan budaya Dayak sebagai representasi kekayaan budaya Indonesia. Tidak lupa, Bujangadau turut mengucapkan Selamat dan Sukses atas terselenggaranya Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau ke-VIII.

SALAM BUDAYA
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar