Astra Motor Summer Interns 2018




BujangAdau - Astra Motor Pontianak dalam Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) terus memberikan pengabdian kepada negeri dengan cara berkontribusi terhadap komunitas lokal di Pontianak, sejalan dengan salah satu butir Catur Dharma “Menjadi Milik yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara”, Astra Motor Pontianak tahun ini kembali mengadakan program Summer Internship untuk mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalankan program Magang/ KKM di level pendidikan Universitas.

Tahun yang merupakan tahun ke dua untuk program yang diberi nama “Astra Motor Summer Interns 2018” ini diadakan sejak bulan juli hingga agustus 2018. Program ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada para mahasiswa agar dapat merasakan secara langsung bagaimana dunia kerja nyata sebenarnya sebelum nantinya mereka akan mencari kerja setelah lulus dari Universitas.  Berbagai bekal pun diberikan untuk mahasiswa dalam menghadapi persaingan dunia kerja saat ini.
Dalam program Astra Motor Summer Interns 2018 ini, “Kami tidak hanya memberikan praktik magang secara umum, namun mahasiswa juga diberikan pelatihan dan berbagai materi setiap minggunya”

“Mahasiswa dapat merasakan dunia kerja secara nyata dari hari senin sampai jumat setiap minggu-nya dan di setiap hari sabtu, mahasiswa juga mendapatkan materi dan bimbingan bagaimana cara menghadapi persaingan dunia kerja saat ini, salah satu materi yang diberikan yaitu materi tentang komunikasi dan persepsi serta people building. Selain itu juga, games pelatihan building dan kekompakan juga diberikan untuk melatih kemampuan kerjasama team dari peserta magang”, ucap Bapak Agust Tri selaku Head Adm. & Fin. Sub Dept Astra Motor Pontianak.

Peserta magang yang berasal dari Universitas Negeri Tanjung Pura Pontianak dalam program ini dibagi menjadi berbagai team untuk dapat melihat bagaimana proses kerja di berbagai bagian perusahaan seperti Marketing, Finance, Costumer Care hingga bagian Sparepart dan Service di Astra Motor Pontianak.  Peserta di berikan tantangan berupa projek-projek yang wajib di pecahkan bersama dengan rekan seteam-nya.  Selama sebulan, mahasiswa-mahasiswi ini menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka yang dimana nantinya akan dipresentasikan kembali ke setiap mentor untuk diberikan penilaian atas hasil magang/KKM mereka selama ini. Yang pastinya, peserta juga sudah dibekali, bagaimana cara menyajikan sebuah presentasi yang baik.  


Rangkaian kegiatan magang dengan program yang bernama Astra Motor Summer Interns 2018 ini dapat dilihat di Instagram yang telah di posting oleh mahasiswa-mahasiswi dengan hastag: #summerinterns2018 ;  #astramotorkalbar dan #Wowsummerinterns2018. Berikut kesan dari beberapa peserta magang dengan akun instagram: @jonaidii @agizibe @bahruart dan @cintamimardianti

“Mendapat kesempatan magang di astra internasional khususnya astra motor adalah sesuatu yang luar biasa, menjadi kebahagian tersendiri dan lebih indah dari mengisi hari libur, banyak hal yg kami lalui yang membuat kami bisa tertawa dan, banyak hal juga yg kami pelajari selama proses magang ini,….”

“Magang? Ah palingan disuruh fotokopi, antarin ini itu dan merasa gabut terhaqiqi ga ada kerjaan. Nooooo!!!!!!!! Pernyataan ini gak berlaku buat peserta Summer Interns Astra Motor 2018. Nih aku ceritain ya pengalaman magang di Astra Motor….
 “I'm very lucky to get experience here”

“Terima Kasih banyak untuk astra motor sudah memberikan kami bekal di dunia kerja sesungguhnya… Pengalaman ini akan kami kenang selamanya. Salam Satu Hati”
Program ini juga mendapatkan tanggapan baik dari salah satu dosen pembimbing magang, Bapak Handi Brata: “Saya melihat program magang seperti ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan dan skil mahasiswa, sehingga ada link dan match dengan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah dan dunia praktek”.

Program Astra Motor Summer Interns 2018 ini ditutup kemarin pada hari sabtu tanggal 18 Agustus dalam nuansa Hari Kemerdekaan Indonesia dengan acara yang di isi dengan presentasi dan awarding kepada peserta magang terbaik yang dibuka dengan menyanyikan Mars Astra, Jinggle Astra Motor dan Lagu Padamu Negeri sebagai lambang teguh untuk terus berkarya dan memberikan pengabdian kepada Negeri Indonesia.

Tidak ada komentar