Astra Motor Edukasi Safety Riding di IKIP – PGRI Pontianak




BujangAdau – Hidup diera modern menuntut kita untuk selalu gesit dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, beragam alat transportasi baik darat, laut dan udara terus berkembang menyesuaikan dan membantu kebutuhan manusia dimanapun berada.

Salah satu produsen sepeda motor Honda misalnya yang secara konsisten dan berkelanjutan menyajikan tampilan sepeda motor yang apik, sporty, dan aman tentunya. Pada dasarnya, keamanan dan keselamatan dalam berkendara memang menjadi poin yang sangat penting bagi kita semua, karena salah sedikit ataupun tidak faham pada peraturan lalu lintas dapat berakibat pada kecelakaan dan bahkan dapat menyebabkan kematian.


Di Indonesia, tentu bukan menjadi rahasia lagi bahwa kasus kecelakaan di jalan raya memiliki persentase yang sangat tinggi. Mulai dari yang hanya mengalami kerugian ringan, luka-luka hingga kematian silih berganti menghiasi layar kaca sehari-hari. Hal ini tentu menuntut kita untuk lebih berhati-hati tentunya.

Namun, satu hal menarik dapat kita temui pada PT. Astra Motor  Pontianak yang sangat peduli dengan keamanan berkendara. Bahkan saking pedulinya pada keselamatan, dikenal pula Team Honda Safety Riding Astra Motor  Pontianak yang gencar melakukan kampanye #Cari_aman kepada masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, sasaran dari kegiatan kampanye tersebut juga tidak hanya terbatas pada orang dewasa melainkan seluruh golongan masyarakat.


Dalam rangka meningkatkan tertib berlalu lintas di kalangan mahasiswa, Satlantas Kapolresta Pontianak Kota bekerjasama dengan Astra Motor Pontianak beserta jajaran terkait di pemerintahan Kota Pontianak menggelar Edukasi Safety Riding Goes To Campus dengan tema “ Kampus Pelopor Tertib Berlalu Lintas “ untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada mahasiswa/i yang datang dari perwakilan fakultas IKIP-PGRI. Kegiatan ini di gelar pada tanggal 11 Desember 2018 di Halaman IKIP – PGRI Pontianak yang diikuti oleh 100 an mahasiswa/i.


Kegiatan ini peserta yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan mulai apel gabungan pagi yang di ikuti mahasiswa, dinas perhubungan Kota Pontianak, PT. Jasa Raharja Kalbar serta anggota Lantas Poresta Pontianak Kota, Diskusi Panel Keselamatan, Layanan perpanjangan SIM, pemeriksaan kesehatan gratis serta Praktek Safety Riding yang di pandu oleh Instruktur Safety Riding Astra Motor dan di lanjutkan pemasangan PIN Pelopor Tertib Berlalu Lintas kepada Mahasiswa/i Kampus IKIP – PGRI Pontianak.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa/I yang hadir mengikuti pembekalan praktek keselamatan berkendara mulai dengan penggunaan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan, teknik berkendara yang benar serta  postur tubuh yang disarankan saat berkendara.


Tak lupa team Honda mendatangkan layanan Service Mobile guna membantu pengecekan perawatan sepeda motor para mahasiswa/I yang hadir secara gratis bagi mahasiswa/I yang menggunakan motor Honda dalam kegiatan tersebut.

Instruktur Safety Riding Astra Motor, Dony Adrian mengatakan mahasiswa/i memiliki peranan penting dalam upaya mengkampanyekan keselamatan berkendara untuk menekan angka kecelakaan lalulintas. Mahasiswa/i memiliki sikap yang cenderung homogen dan mudah dalam memberikan pengaruh kepada rekan mahasiswa/i lainnya. “Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan mahasiswa pelopor keselamatan berkendara yang hadir dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada mahasiswa/i lainnya ” ungkap Dony.

“ Kita sebagai mahasiswa/i yang taat hukum, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Windi  salah satu peserta.

Berikut informasi pelaksanaan edukasi safety riding di IKIP PGRI Pontianak. Untuk informasi menarik tentang kegiatan yang diselenggarakan oleh Astra Motor Pontianak lainnya, pantengin terus di blog BujangAdau.

Tidak ada komentar