PRODUK PENGEMBANGAN SMK BERBASIS INDUSTRI “MOTOR AMPHIBI HONDA VARIO”



BujangAdau Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Teknologi berasal dari kata technologia dalam bahasa Yunani. Techno artinya keahlian dan logia artinya ialah pengetahuan.

Pada awalnya, makna teknologi berbatas pada benda-benda berwujud seperti peralatan-peralatan atau mesin. Seiring berjalannya waktu, makna teknologi mengalami perluasan. Ia tidak sebatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. Seperti misalnya perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian, dan lain sebagainya.

Diera modern seperti saat ini, teknologi sangat dibutuhkan untuk memudahkan kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Berbagai hal dari yang sifatnya kecil maupin besar dikendalikan atau dibuat melalui pemanfaatan teknologi di dalamnya. Berhubungan dengan adanya teknologi ini, Astra Motor Pontianak pula terus berinovasi. Namun, kali ini melalui salah satu sekolah binaannya  yaitu SMK N 4 Pontianak yang berhasil membuat motor  amphibi.

Inovasi memang selayaknya terus dilakukan untuk memperkaya ilmu kita semua. Seperti halnya motor amphibi ini. Jika ditilik dari kata amphibi, yaitu sesuatu yang dapat bertahan di air maupun di darat. Begitu pula dengan motor amphibi ini, motor yang biasanya hanya dapat berjalan di darat, kali ini dapat pula mengapung di air. Tentu akan menjadi sebuah pemandangan yang langka dan juga menarik bukan?
Berikut ini, BujangAdau tampilkan foto-foto motor amphibi yang dapat mengapung di air tersebut. Antara lain sebagai berikut :





Teknologi ditemukan dan diciptakan memang untuk memudahkan dan Menyenangkan, Seperti Inovasi yg di buat oleh Siswa SMK N 4 Pontianak yg bekerjasama dengan Astra Motor Pontianak menjalankan Program Pemerintah “ LasJuRin” ( Penyelarasan Kejuruan dan Kerjasama Industri ) yang memperkenalkan “Prototype motor Amphibi” yang bisa di kendarai baik di darat maupun di Air. Latar belakang dibuatnya motor Amphibi ini selaras dengan ciri khas kota pontianak yang banyak sungai sehingga dapat dijadikan  sebuah Obyek Wisata air dengan Motor Amphibi tersebut.

Dalam proses pembuatannya motor yg digunakan adalah motor matic Honda Vario 125 PGM FI dengan di beri kano yang mempunyai daya apung sampai 250 kg sehingga masih aman untuk dikendarai 2 orang dengan kecepatan bisa 20 – 40 km/jam dan sangat cocok untuk wisata Air di kota Pontianak.

Pada tanggal 19 Desember 2018 bertempat di Kota Pontianak lebih tepatnya di Sungai jawi dilakukan Launching Motor Amphibi ke khalayak Umum yg dihadiri Para Pejabat Pemerintah yaitu Kepala DisPerinDag propinsi, KaBid DisDikBud Provinsi, Kabid Pariwisata provinsi, Lurah Kelurahan Mariana serta tokoh masyarakat sekitar Sungai Jawi dan dimeriahkan dengan suara yang menggelegar dari Drumband Siswa Siswi SMKN 4 Pontianak.

Kepala DisPerindag menyampaikan bahwa dengan adanya motor Amphibi ini tercapai sudah kerjasama antara pelaku industri dengan dunia pendidikan dan harapan beliau kerjasama ini dapat ditingkatkan lagi untuk pengembangan2 berikutnya. “Hal ini sangat positif sekali bagi Siswa Siswi dalam menerapkan ilmu nya dan berkreasi menuangkan ke dalam bentuk yang nyata” ungkap KaBid DisDikBud Provinsi KalBar.

“Harapannya dengan Adanya Produk Motor Amphibi ini dapat bermanfaat dan menjadi nilai bagi wisata air kota Pontianak dan kedepannya akan terus dilakukan penyempurnaan produk yang tentunya perlu dukungan dari dunia industri dalam hal ini Astra Motor Pontianak yang telah bekerjasama dengan kami” tutup Kepala Sekolah SMKN 4 Pontianak

Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar