Tips Mengikuti Ajang Duta Jika Tidak Ingin Kalah

Duta di Kalimantan Barat


BujangAdau – Dewasa ini, ajang pemilihan duta dan atau sejenisnya di Indonesia sangat berkembang pesat. Baik ditingkat daerah, nasional hingga pada tingkat internasional hal semacam ini banyak ditunggu dan dielu-elukan bagi banyak masyarakat. Lantas apa itu duta?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan bahwa duta ialah orang yang diutus oleh pemerintah (raja dan sebagainya) untukmelakukan tugas khusus, biasanya ke luar negeri. Sedangkan biasanya dalam hal lain terutama dalam pageant kontes anak muda, duta merupakan contoh atau role model bagi generasi muda lainnya.

Pada hakikatnya, BujangAdau baru 3 kali mengikuti ajang pemilihan duta seperti ini yaitu Pemilihan Duta Pendidikan, Pemilihan Duta Genre dan juga Pemilihan Duta Bujang dan Dara Pariwisata di salah satu kabupaten di Kalimantan Barat. Hasilnya juga tidak terlalu mengecewakan, pada pemilihan Duta Pendidikan, BujangAdau berhasil mendapatkan predikat Runner Up 1 atau Juara ke II Duta Pendidikan dan juga kategori Duta Persahabatan pada tahun 2016.

Juara 2 Duta Pendidikan


Juara 2 Duta Pendidikan

Duta Kategori Persahabatan

Pada Pemilihan Duta Genre sendiri, BujangAdau belum berhasil memperoleh predikat. Namun, pada ajang ini sangat bersyukur karena dapat bertemu dengan kawan-kawan hebat yang sangat mempuni. Selain itu, belajar tentang Generasi Berencana juga membuka pemikiran tentang pentingnya hal tersebut terutama bagi generasi muda.

Beruntung, diakhir tahun 2018 pada pemilihan Duta Bujang dan Dara Pariwisata Kabupaten Sekadau. BujangAdau berhasil memperoleh predikat sebagai Juara 1 Bujang Pariwisata untuk periode 2018-2020 mendatang.

Bujang Dara Pariwisata Sekadau
Bujang Dara Pariwisata Sekadau
Pada artikel kali ini, BujangAdau ingin sharing tips ketika hendak mengikuti event serupa. Semoga bermanfaat namun tetap harus percaya akan kualitas diri dan jangan jadikan ini sebagai patokan utama karena brain, beuty dan behavior mu lebih dari segalanya. Tips tersebut antara lain :

1.       Percaya diri
Mengikuti ajang duta pasti banyak diikuti oleh peserta dengan latar belakang dan prestasi yang baik pada bidangnya masing-masing. Begitu pula dengan riuh dan sesaknya penonton yang ingin menyaksikan calon pemenang dari ajang duta tersebut. Oleh karena itu, percaya diri sangat diperlukan dalam mengikuti karantina hingga saat final tiba. Misal ketika hendak menjawab pertanyaan, maka sebaiknya kita dapat menjawab sebaik-baiknya dan pede tentunya.

2.       Belajar
Belajar itu perlu, apalagi bagi seorang duta. Setidaknya ia harus menguasai satu bidang yang disematkan kepadanya. Misal, bisa pendidikan, pariwisata, genre, narkoba dan lain sebagainya. Selain itu, kita juga harus menguasai pengetahuan umum tentunya. Intinya, duta harus tahu banyak atau tau selangkah dari orang lain karena biasanya duta akan menjadi tempat bertanya atau dimintai tanggapan.

3.       Niat dan Tujuan
Niat sangat diperlukan dalam hal semacam ini. Begitu pula dengan tujuan untuk apa kita mengikuti ajang tersebut. Mencari popularitas, mendapatkan hadiah, mencari teman dan atau lain sebagainya. Jangan sampai, sudah menjadi seorang duta namun hanya berdiam diri tanpa aksi. Kembali ke mainset awal ketika karantina, kita selalu mengatakan bahwa duta itu role model, contoh, panutan atau apapun itu bagi orang lain,namun kita hanya berdiam diri. Jadi, Duta kah kita?

4.       Cek Kredibilitas Penyelenggara
Beberapa saat yang lalu, BujangAdau menghadiri pemilihan semifinalis Gege dan MeiMei Kalbar 2019 dan bertemu Pak Yandi, Pemenang I Am President yang juga bertidak sebagai juri dalam ajang tersebut. Pak Yandi sangat mengapresisasi ajang Gege MeiMei karena melalui proses dan perjuangan yang tidak instan bagi para pesertanya.

Pria yang sangat humble ini juga tidak sungkan bergabung bersama para duta yang hadir. Dalam obrolannya, Pak Yandi menyatakan untuk menghargai sebuah proses dan kredibilitas penyelenggara termasuk pada sebuah ajang pemilihan duta. Dalam hal ini, sebelum mengikuti suatu ajang, sebaiknya kita tahu bagaimana penyelenggara event tersebut, bagaimana dewan jurinya, bagaimana sistem dari event tersebut dan lain sebagainya.

Demikianlah sedikit tips yang dapat dibagikan, artikel ini hanya bersifat sharing karena masing-masing dari kita memiliki paket lengkap yaitu Brain, Beauty and Behavior yang membuat kita istimewa. Semoga bermanfaat.

Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar