Gerakan Kecil Cintai Bumi Melalui Selebrasi Earth Hour Pontianak 2019




BujangAdau - Gerakan Earth Hour diseluruh dunia akan menghelat malam puncak selebrasi pada Sabtu, 30 Maret 2019. Aksi kali ini, kampanye global hemat energi yang diinisiasi oleh WWF mengusung tema #Connect2Earth. Untuk tahun ini Earth Hour Pontianak akan memusatkan kegiatan utamanya di Jalan Ayani bertepatan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Dengan beberapa rangkaian acara seperti musik akustik,musik sape’k,tarian tradisional multi etnis, musikalisasi puisi,dan perkusi.Ini sebagai bentuk dan cara kreatif anak muda Kalimantan Barat khususnya dalam mengkampanyekan gaya hidup hijau,dan bijak dalam penggunaan Energi.

Koordinator Earth Hour Pontianak I Wayan Bayu Anggara menjelaskan bahwa tema #Connect2Earth ini memiliki pesan yang sangat dalam. “ Apa pun yang kita lakukan akan selalu terhubung ke bumi. Dari hal baik atau buruk semuanya akan tetap selalu berdampak ke bumi,” jelas Wayan.

Menurut wayan, melalui aksi ini, hal-hal buruk sudah banyak terasa dampaknya terhadap kehidupan kita seperti cuaca yang semakin panas akibat naiknya suhu bumi. Suhu bumi naik berawal dari perilaku manusia yang boros dalam menggunakan energi. Earth Hour Pontianak berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan satu langkah sederhana dan mudah.Yakni dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam di minggu terakhir bulan Maret pada Pukul 20.30 - 21.30 WIB setiap tahunnya.

Wayan juga menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat perubahan iklim. Di antaranya dengan bijak menggunakan energi listrik, membawa botol air minum sendiri, menggunakan transportasi umum atau membudayakan berboncengan saat bepergian dengan kendaraan bermotor.

Sokongan multipihak

Pemerintah Kalimantan Barat baik Gubernur dan Walikota, WWF-Indonesia program Kalimantan Barat, DLH Kota Pontianak, PLN, dan para pelaku bisnis seperti Hotel Mercure, Hotel Grand Mahkota, Hotel Harris, Hotel Santika, Hotel Aston, Hotel Transera, Hotel Golden Tulip dan puluhan komunitas di Kota Pontianak turut serta mendukung malam selebrasi Earth Hour Pontianak.

Tidak ada komentar