Pentingnya Mendalami Materi Basic Life Support Bagi Komunitas Honda



Bujangadau – Pernahkan kalian melihat atau mungkin mengalami situasi chaos dalam berkendara? Yup, berbagai sebab memang dapat terjadi sehingga menyebabkan banyak kerugian yang berdampak hilangnya harta benda atau yang terparah bahkan adalah hilangnya nyawa. Memang tidak semua hal dapat ditebak kapan terjadinya sehingga kewaspadaan sangat perlu ditingkatkan dan juga perlu adanya bekal yang cukup juga sehingga ketika nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka kita dapat mengatasinya. Hal ini sangat penting dilakukan karena hal buruk dapat terjadi dimanapun, kapanpun serta terjadi pada siapapun. Oleh karena itu,  berjaga-jaga adalah hal yang sangat penting untuk kemudian dilakukan.

Kejadian gawat darurat seperti misalnya serangan jantung mendadak dan kecelakaan sangatlah berpotensi terjadi dimana dan kapan saja. Jika terjadi hal tersebut, tentu orang-orang terdekatlah yang bisa menjadi penolong pertama. Oleh karena itu, pentingnya menjaga hubungan baik dan juga relasi sangat diperlukan karena akan sangat membantu dalam situasi yang tidak tertebak sekalipun. Kita atau siapapun juga semestinya paham dan mengerti tentang BLS atau basic life support.

Lantas, apa itu BLS?

Bantuan Hidup Dasar atau Basic Life Support yang kemudian disingkat BLS adalah suatu tindakan penanganan yang dilakukan dengan sesegera mungkin dan juga bertujuan untuk mmenghentikan proses yang dimana menuju kepada kematian.

Menurut AHA Guidleines pada tahun 2005, tindakan BLS dapat disingkat dengan Teknik ABC  atau airway atau membedakan jalan nafas, breathing, atau memberikan nafas buatan dan juga circulation dan atau pijat jantung pada saat terjadi shock. Namun kemudian pada tahun 2010 tindakan BLS diubah menjadi CAB. Tujuan BLS adalah melindungi otak dan juga keruskaan yang terjadi pada korban. Biasanya, pada pelatihan BLS cara atau tindakan penanganan ini diajarkan oleh instruktur yang sudah disertifikasi atau minimal sudah melewati pelatihan ATLS.

Mengingat sisi pentingnya, maka BLS sudah semestinya dimiliki oleh semua orang. Belum lama ini Astra Motor Pontianak baru saja menyelenggarakan pelatihan BLS bagi para komunitas Honda. Hal ini diharapkan dapat menjadi sebuah edukasi bagi para anggota komunitas sehingga dapat memberikan pertolongan dasar pertama ketika terjadi kecelakaan saat berkendara.

Pelatihan BLS kembali dihelat oleh Astra Motor Pontianak pada Minggu 11 Oktober 2019 yang bertempat di Main Dealer Training Center (MDTC) Kubu Raya, dimana dalam rangkaian pembekalan persiapan #Cari_Aman gas touring Honda Bikers Day Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2019 yang berlokasi di Lapangan Jenderal Sudirman Ambarawa, Jawa Tengah.

Acara ini dilaksanakan guna melatih member komunitas Honda dalam menanggulangi pertolongan pertama dalam kecelakaan berkendara pada saat touring sedang berjalan atau tengah dilaksanakan. Pada kesempatan ini, BLS diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan club yang ada dibawah naungan Paguyuban HWBC dengan mengundang instruktur HIBGAGI Kalbar (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia).

Menurut Heru selaku instruktur, waktu sangatlah penting dan berharga bagi korban gawat darurat.

“Belum tentu yang tidak bernafas itu meninggal,” jelasnya. Jika orang sekitarnya bisa menolong dengan BLS, korban kemungkinan dapat kembali untuk bernafas.

“Lima hingga sepuluh menit pertama saat pasien mulai tidak bernafas dan kehilangan denyut nadinya merupakan fase yang tepat dilakukan pertolongan BLS, namun  pertolongan tersebut harus dilakukan dengan tepat. BLS bisa dilakukan dengan memberikan pijat jantung dan juga napas buatan”.

Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan komunitas Honda ini sangatlah tampak antusias selama mengikuti kegiatan Basic Life Support.  “Ini merupakan kegiatan yang menarik, kita mendapatkan pelajaran baru berkenaan dengan pertolongan pertama yang kita harus lakukan apabila menemukan korban secara mendadak,”.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar