Belajar dari Ika, Founder MB Communication yang Sukses Berkarya dari 'Bilik Kamar'


Bujangadau - Ditengah keterbatasan, belajar bisa darimana dan dari siapa saja”. Agaknya peribahasa tersebut tengah pantas disematkan untuk diriku saat ini yang tengah berada di kampung karena ketidakpastian kapan dapat kembali bekerja di kota. Maklum, corona benar-benar membuat semua aktivitas lumpuh sehingga himbauan kesehatan untuk tetap di rumah saja harus  dilakukan.

Mengisi kekosongan waktu, aku kerap menyaksikan  live streaming melalui official akun Instagram @sadapindonesia yang tengah menjalankan program kerja secara daring dengan berbincang dan sharing bersama dengan narasumber. Pada kesempatan kali ini, Rabu, 22 April 2020 Sadap Indonesia berkesempatan untuk berbincang dengan Kartina Ika Sari, founder dan director MB Communication – Indoblognet.

Sadap Indonesia merupakan komunitas anak muda yang bergerak pada isu toleransi dan keberagaman. Tentu tidak hanya itu, berbagai kegiatan yang memotivasi dan juga bermanfaat juga mereka lakukan. Kini, komunitas ini berpusat di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Lalu, apa itu MB Communication ?!

Dikutip dari fanspagenya, MB Communication merupakan perusahaan SEO – Digital Marketing dengan positioning branding content strategist yang melayani jasa SEO, konten marketing, pengelolaan media sosial, branding, blogger dan netizen, creative event dan cyber public relation.

MB Communication atau yang sebagian orang juga familiar menyebutnya dengan Indoblognet dikepalai oleh Kartina Ika Sari, wanita berusia 41 tahun yang baru saja berulang tahun pada 20 April 2020 yang lalu. Menariknya, Ika biasa ia disapa yang juga merupakan mantan jurnalis pada majalah ekonomi, bisnis dan juga pariwisata ini memulai bisnis digital sejak tujuh tahun yang lalu dan terus berkembang dan eksis hingga saat ini.

Lebih menariknya lagi, agensi digital branding yang ia dirikan ini juga sebagian besar diurus dari “bilik kamar” atau lebih tepatnya berkantor dari rumah. Walaupun demikian, MB Communication telah bekerjasama dan mendapatkan kepercayaan lebih dari 100 brand dan produk baik itu dari kementrian, BUMN, serta berbagai perusahaan yang kemudian menjadi mitra.

MB Communication juga telah memberikan manfaat bagi ratusan influencer yang dapat bekerja melalui akses digital. Jumlahnya juga tidak main-main, tidak aku ketahui nominal pastinya berapa. Namun, yang pasti jumlahnya ratusan dan dapat digerakkan kapan saja.

Hal ini seolah membuktikan dan dapat menjadi pelajaran bahwa bekerja dapat dilakukan pada ruang dan waktu apapun. Asalkan konsisten dan bersungguh-sungguh. Setidaknya hal ini telah terbukti dan telah dilakukan oleh Ika.

Tengah berada di kampung dengan segala keterbatasan akses dan jaringan membuat cukup sulit untuk mendapatkan informasi secara cepat dan penuh. Hal ini juga tentu tengah terjadi padaku. Ada beberapa hal serta pembelajaran yang aku dapatkan setelah menyaksikan live streaming Sadap Indonesia bersama Kartina Ika Sari beberapa waktu yang lalu.

Pertama, Ika memulai bisnis dengan doa dan niatan untuk beribadah serta memberikan manfaat untuk banyak orang. Hal ini merupakan jawaban dari pertanyaanku yang dibacakan oleh host dalam live tersebut, Isa Oktaviani. Diiringi dengan niatan baik tersebut, Ika selalu semangat, tak pernah bosan dan juga jenuh dalam mengelola bisnis digital ini.

Kedua, Seiring dengan berkembangnya zaman digital kita dapat dengan mudah untuk memberikan informasi melalui media yang kita miliki. Namun yang pasti, influencer harus bertanggung jawab atas apa yang ia posting. Memperbaiki mindset sangat perlu dilakukan sehingga apa yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Ketiga, kualitas influencer yang baik tidak melulu dilihat dari jumlah followersnya semata. Followers organik tentu lebih baik secara kualitas dan tentu akan memberikan dampak yang baik pula pada media sosial yang kita miliki.

Keempat, influencer tak masalah jika memilki banyak akun, namanya juga influencer. Namun yang terpenting, setiap akun tersebut dapat dipertanggungjawabkan dan memberikan dampak positif bagi pemiliknya dan orang banyak.

Banyak hal yang dapat diperoleh dan dipelajari dari seorang Kartina Ika Sari. Ia membuktikan bahwa seorang wanita juga dapat bekerja dan bermanfaat tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk banyak orang. Ia juga membuktikan, “bilik kamar” bukan penghalang untuk produktif dan terus berkarya.

Sukses selalu untuk kita semua …
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 komentar :

  1. Sekarang ini bukan masalah folower banyak tapi gimana sebuah akun bermanfaat bagi orang dan dan dapat dipertanggung jawabkan, semoga covid 19 segera berlalu, dan kembali kepada kegiatan masing masing

    BalasHapus