Komunitas Honda Kalbar Mendalami Materi Basic Life Support

Penyampain Materi Tentang BLS


BujangAdau - Kejadian gawat darurat seperti serangan jantung mendadak dan kecelakaan berpotensi terjadi di mana saja. Orang terdekat korban lah yang bisa menjadi penolong pertama.

Untuk itu, kertampilan basic life support (BLS) seharusnya dimiliki setiap orang. Pelatihan BLS kembali dihelat oleh Astra Motor Pontianak pada Minggu (04/11) yang bertempat di Atrium Transmart Kubu Raya dimana dalam rangkaian pembekalan persiapan #Cari_aman Gas Touring Honda Bikers Day Nasional yang akan di laksanakan pada tanggal 17 November 2018 yang berlokasi Pantai Pangandara Jawa Barat.

Praktik Materi BLS

Acara ini dilaksanakan guna melatih member komunitas Honda dalam menanggulangi pertolongan pertama dalam kecelakaan berkendara saat touring. BLS kali ini diikuti puluhan  peserta dari perwakilan club yang ada di bawah naungan Paguyuban HWBC dengan mengundang Instruktur HIBGABI Kalbar ( Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia). Menurut Ns. Uti Rusdian Hidayat, M.Kep selaku instruktur, waktu sangat berharga bagi korban gawat darurat.
”Belum tentu yang tidak bernapas itu meninggal,” jelasnya. Jika orang sekitarnya bisa menolong dengan BLS, korban dapat bernapas lagi.

Praktik Materi BLS

Lima hingga sepuluh menit pertama saat pasien mulai tidak bernapas dan kehilangan denyut nadinya merupakan fase yang tepat dilakukan pertolongan BLS.
Namun, pertolongan tersebut harus dilakukan dengan tepat. BLS bisa dilakukan dengan memberikan pijat jantung dan napas buatan.

Praktik Materi BLS
Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan komunitas Honda ini tampak antusias selama mengikuti kegiatan Basic Life Support.  “Ini merupakan kegiatan yang menarik, kita pelajaran baru berkenaan pertolongan pertama yang kita harus lakukan apabila menemukan korban secara mendadak.“ Ungkap Aji selaku member Vario Ownner Club Pontianak.


Tidak ada komentar