Mengunjungi Patung Budha Tidur Maha Vihara Majapahit di Mojokerto



Bujangadau – Jawa Timur merupakan tempat yang indah dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Banyak tempat yang dapat dikunjungi karena memiliki spot instagramable yang sangat sayang untuk diabadikan dan dibagikan dimedia sosial yang kita miliki. Saya berkesempatan untuk berlibur disalah satu destinasi andalan di Jawa Timur lebih tepatnya di Trowulan, Mojokerto. Objek wisata tersebut adalah Patung Budha Tidur Maha Vihara Majapahit.

Jika biasanya untuk menikmati indahnya patung Budha Tidur kebanyakan orang harus jauh-jauh terbang ke Thailand, ternyata Mojokerto juga memilikinya. Patung ini disebut-sebut sebagai  patung  Budha tidur terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah  negara Thailand dan juga Nepal, karena memiliki panjang 22 meter dengan lebar 6 meter serta tinggi mencapai 4,5 meter.  Dibangun menghadap kearah selatan yang mana merupakan kiblat bagi umat Budha.

Patung yang dicat berwarna emas ini menggambarkan Sidharta Gautama yang wafat. Terdapat relief-relief yang menceritakan tentang Budha. Disekitarnya juga terdapat kolam yang dipenuhi oleh ikan-ikan yang cantik. Dahulu, destinasi ini hanya dibuka untuk kegiatan peribadatan umat Budha yang karena besarnya keinginan masyarakat untuk berkenjung, maka pada tahun 2012 lalu diresmikan sebagai tempat wisata.

Objek wisata ini berada di Jalan Raya Trowulan Bejijong dan dibuka pada pukul 06.00 hingga 17.00 yang selalu ramai dikunjungi wisatawan  utamanya jika hari libur tiba. Biasanya, objek wisata ini akan tutup saat bertepatan dengan adanya hari besar keagamaan Budha.

Terdapat miniature Candi Borobudur serta patung-patung Budha yang sangat cantik jika digunakan sebagai latar berfoto, penataan taman dan juga pepohonan yang rimbun juga akan membuat siapa saja betah berlama-lama berada disana.


Selain itu, tidak perlu khawatir jika hendak mencari makanan karena disekitar tempat tersebut banyak pedagang yang menjajakan dagangannya. Tidak hanya makanan dan minuman, cinderamata seperti gantungan kunci Budha tidur, gelang, kalung dan lain sebagainya juga tersedia.

Fasilitas yang ada disana juga tergolong lengkap, misalnya saja tempat ibadah bagi pengunjung yang beragama Budha, ada pula Mushala, tempat parkir, toilet, tempat makan dan tempat berburu oleh-oleh tentunya.

Harga Tiket Masuk

Untik dapat masuk kedalam objek wisata yang super keren satu ini, harga tiket masuk yang ditetapkan oleh pengelola terbilang sangatlah terjangkau, sebagai berikut:

Dewasa : Rp 4.000

Anak-anak  : Rp. 3.000

Parkir Motor : Rp. 3.000

Parkir Mobil : Rp. 10.000

Jika ke Trowulan, Mojokerto berkunjung ke objek wisata ini harus sekali kamu lakukan. Aku sudah, kamu selanjutnya ya. Aku tunggu cerita indah liburanmu di Patung Budha Tidur juga.

Tidak ada komentar