Pengertian Seorang Teman - Cerita Pendek

 Pengertian Seorang Teman

Seperti biasa di sekolah murid murid belajar di pagi hari dan hari ini adalah Pelajaran sejarah tapi terdapat 1 murid panggil saja dia ana yang tidak mengerti dengan materi yang di sampaikan oleh guru tentang perang dunia dan Minggu depan akan di adakan mid semester mendengar itu ana pun bingung lalu saat jam istirahat dia ber inisiatif untuk bertanya kepada ria yang merupakan murid terpintar di kelas untuk membantu menjelaskan kembali kepada ana tentang materi tadi.

"Hai Ria apakah kau bisa membantu ku?"tanya ana

"Hai Ana boleh aku juga lagi gak ngapain ngapain."

"Ria mau kah kamu membantu aku untuk menjelaskan materi tadi yang di sampaikan ibu guru, soalnya tadi aku sangat bingung dan tidak mengerti dan Minggu depan juga akan di adakan mid, aku jadi harus mengerti semua materi yang disampaikan oleh ibu guru."Tanya ana

"Boleh saja aku akan menjelaskan secara singkat agar kau bisa mengerti, duduklah di sampingku."

"Terima kasih Ria aku tidak mengerti dengan materi perang dunia tadi bisakah kau menjelaskan nya untuk ku?"

"Baiklah kita mulai dari perang dunia 1."

Ria pun mulai menjelaskan materi nya dan ana mendengarkan sambil mencatat.

"Jadi awal terjadi nya perang dunia 1 ini yang terjadi selama 4 tahun yaitu dari tahun 1914 sampai 1918 disebabkan oleh peristiwa penembakan pewaris mahkota Austria-Hongaria, Archduke Franz Ferdinand dan istrinya, Archduchess Sophie, pada tanggal 8 Juni 1914 di Sarajevo oleh seorang Serbia-Bosnia, Gavrilo Princip.Penembakan itu akhirnya membuat Austria-Hungaria mengumumkan perang terhadap Serbia Namun, proses terjadinya Perang Dunia 1 sebenarnya juga dilatarbelakangi oleh faktor lain, seperti imperialisme dan militerisme negara-negara Eropa.apakah kau mulai mengerti sampai disini ana?"

"Ohhh iya aku mengerti lalu negara mana saja yang terlibat dalam perang ini?"

"Awalnya, Perang Dunia 1 terbagi antara dua kekuatan besar Eropa, yaitu Blok Sentral dan Blok Sekutu. Blok Sentral terdiri dari Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia (Aliansi Tiga). Sementara Blok Sekutu terdiri dari Inggris, Prancis, dan Rusia (Entente Tiga). Namun, seiring berjalannya waktu, kedua blok melakukan reorganisasi dan memperluas diri saat banyak negara lain ikut serta dalam Perang Dunia 1."

"Begitu yah terus bagaimana akhir dari perang tersebut?"

"Perang Dunia I diakhiri dengan kemenangan Blok Sekutu dan kekalahan Blok Sentral. Penyelesaian Perang Dunia I dilakukan dengan mengadakan perjanjian-perjanjian perdamaian seperti perjanjian Versailles , Saint Germain dan lain nya kau bisa membaca isi perjanjian itu di buku agar kau bisa paham."

"Ohhhh baiklah begitu ya aku sangat mengerti pasti banyak sekali korban yang di timbulkan dari perang tersebut kalau tidak salah terdapat 20 juta jiwa yang tewas baik itu dari tentara maupun warga sipil bukan begitu Ria?"

"Yah benar sekali peperangan itu banyak memakan jiwa yang tidak bersalah pun terkena imbas nya kasian sekali ya."

"Benar sekali untung la disaat ini tidak ada peperangan negara semua damai bahkan saling membantu."

"Betul kalau begitu aku lanjut ke perang dunia 2, nah perang dunia 2 ini terjadi lumayan sangat lama yaitu selama 6 tahun dari tahun 1939 sampai 1945, perang ini di sebabkan tumbuhnya fasisme Italia pada tahun 1920-an, militerisme Jepang serta serangannya terhadap Tiongkok pada tahun 1937, dan secara khusus, perebutan kekuasaan politik di Jerman pada tahun 1933 oleh Adolf Hitler dengan partainya, NSDAP, serta kebijakan politik luar negerinya yang agresif.Penyebab langsung adalah Britania dan Prancis menyatakan perang terhadap Jerman setelah Jerman menyerang Polandia pada bulan September 1939. Jadi initinya perang ini disebabkan oleh perbedaan antar ideologi yaitu fasisme dan komunisme apakah kau mengerti Ana?"

"Yah aku mengerti terus negara apa saja yang terlibat?"

"Perang ini melibatkan banyak negara-negara besar dunia saat itu, seperti Inggris, Prancis, Jerman, Uni Soviet, Italia, Jepang, hingga Amerika Serikat. Secara umum, terdapat dua kubu besar yang saling berseteru. Kubu pertama disebut sebagai Axis (Poros) yang terdiri dari Jerman, Italia, dan Jepang. Kubu kedua disebut sebagai Allied (Sekutu) yang terdiri dari Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan Uni Soviet. Terdapat pula negara-negara koloni yang ikut terlibat untuk membela negara induknya dalam menghadapi musuh, seperti negara India dan Negara Hindia-Belanda (Indonesia).

"Begitu yah oke aku mengerti lanjutkan Ria..."

"Berakhirnya Perang Dunia II ditandai dengan mulai mnelemahnya Jerman, Italia, dan Jepang. TIga negara tersebut berhasil dipaksa mundur oleh Blok Sekutu.mengetahui Jerman diambang kekalahan, Hitler memilih untuk bunuh diri pada tanggal 30 April 1945 bersama dengan istrinya Eva Braun.Pada tanggal 8 Mei 1945, Jerman berhasil ditaklukkan oleh tentara sekutu dan menyatakan menyerah,"

"Kekalahan Jerman memicu kekalahan anggota blok poros lainnya. Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki pada awal Agustus 1945. Peristiwa tersebut membuat Jepang menyerah pada tanggal 15 Agustus 1945. Perang Dunia II berakhir dengan kekalahan Blok Poros. Pada 9 September 1945, Jepang secara resmi menandatangani dokumen genjatan senjata. Selain pihak Jepang, perwakilan negara-negara sekutu juga ikut menandatangani dokumen tersebut. Dan perang ini memakan 60 juta jiwa."

" Wahhh banyak sekali kasian mereka yang tidak bersalah terkena imbas nya"

" Iya maka dari itu kita bersyukur bisa hidup di masa sekarang dimana negara sudah berdamai apakah kau sudah mengerti Ana".

" Sangat sangat mengerti."

Akhirnya bel masuk berbunyi dan karena dia sudah berbunyi anda pun berterima kasih kepada pria karena sudah menjelaskan materi sebelumnya.

"Kalau begitu terimakasih Ria sudah membantu menjelaskan kembali materi tadi aku sudah sangat mengerti apa yang kau sudah jelaskan".

" iya sama-sama Ana kalau masih ada yang kurang mengerti aku saranin kau bisa melihat referensi lainnya dari buku ataupun dari internet."

" Iya iya terima kasih saranya kalau gitu aku kembali ke bangku para guru sudah mau masuk."

" Oke Ana."

Pada akhirnya mereka belajar kembali sesuai dengan pelajaran selanjutnya yaitu matematika

Pesan moral : peperangan tidak menyelesaikan permasalahan dan akan membawa kehancuran. dari sini kita dapat mengambil pelajaran untuk bersaing dengan cara yang lebih sehat dan adil serta membawa keuntungan di kalangan masyarakat jangan malah merugikan.

Ditulis oleh : Reyhan Davin A (XI IPS 1) SMAN 1 Pontianak

Proyek MID Semester Sejarah Minat Materi PD 1 dan PD 2

Tidak ada komentar