Konflik Sejarah - Cerita Pendek

 Konflik Sejarah - Cerita Pendek

Seperti biasa di hari sekolah aku selalu bangun pukul 05.00 lalu mandi. Aku harus bangun cepat setiap paginya agar tidak datang terlambat ke sekolah, karena aku harus berbagi kamar mandi dengan temanku dan juga merapikan kamar seperti anak anak asrama yang lainnya. Setelah mempersiapkan diri aku langsung menuju ke tempat makan lalu pergi ke kelas. Pastinya di kelas aku akan bertemu teman temanku dan keempat sahabatku.

" Selamat pagi princess!" sambut Aura seperti kepadaku saat baru masuk ke kelas.

" Pagi juga Nit " membalas sapaan Aura.

Aku duduk di bangku yang berdekatan dengan kedua sahabatku seperti biasanya. Setiap pagi sebelum kelas dimulai kami berlima selalu berkumpul dan bercerita atau bermain. Hari ini kelas dimulai dengan pelajaran Sejarah Indonesia, Ibu guru menyuruh kami untuk membuat kelompok sendiri lalu berdiskusi tentang tugas menceritakan tentang  film yang kami tonton. Pastinya aku sekelompok dengan sahabat sahabatku.

"Yuk mulai diskusinya!" kataku.

" Bagaimana kalau kita menonton film bertema romansa dan action" Salsa memberikan saran.

" Kita menonton film horror saja" Aura memberikan sarannya juga.

" Kita menonton film ide aku saja!" Salsa bersikeras.

" Kita membuat vote saja supaya adil." Aku memberi saran.

" Pokoknya aku cuma mau pakai ideku sendiri, ide kalian semua tidak ada yang bagus" Salsa bersikeras. 

" Sudah sudah, sore ini kita berkumpul di taman belakang" ujar aku

"Baiklah" Salsa dan Aura pergi meninggalkan tempat.

Pada sore hari, setelah kami selesai sekolah. Sesuai rencana kami berkumpul di taman belakang. Jam menunjukkan pukul 14.00 WIB 

" Jadi, tema apa yang kita pakai?" Tanya Salsa 

" Setelah aku pikir pikir, bagaimana kita menonton film bertema sejarah? " ucapku memberi saran

"Sejarah tentang apa Litta?" Tanga Aura

" Kita akan menonton sejarah tentang Perang Dunia I dan II" Ujar aku

" Ide bagus, aku setuju!" Ujar Salsa dan Aura

Setelah beberaja jam, tidak terasa hari sudah mulai gelap. Kami pun lanjut menonton di kamar Aura, karena kamar Aura lumayan luas. Setelah film tersebut habis, kami memulai dikusi. Dan Salsa belum mengerti beberapa hal dari film tersebut.

" Litta, menurutmu apa itu Perang Dunia 1 penyebab Perang Dunia I?" Tanya Salsa

"Yang aku tau Perang Dunia 1  Perang Dunia I (PDI) adalah sebuah perang global terpusat di Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini sering disebut Perang Dunia atau Perang Besar sejak terjadi sampai dimulainya Perang Dunia II pada tahun 1939, dan Perang Dunia Pertama atau Perang Dunia I setelah itu. Perang Dunia I adalah konflik paling mematikan keenam dalam sejarah dunia, sehingga membuka jalan untuk berbagai perubahan politik seperti revolusi di beberapa negara yang terlibat.

"Yang aku juga tau penyebab konflik Perang Dunia I itu adalah Imperialisme,  dan penyebab khusus Perang Dunia I adalah tewasnya Archduke Franz Ferdinand, putera Raja Austria. Melansir Encyclopedia Britannica, sang pangeran tewas terbunuh oleh nasionalis Yugoslavia bernama Gavrilo Princip pada 28 Juni 1914." Ujarku panjang lebar.

" Dan apa kau tahu? Ada peristiwa yang hampir mirip dengan pengebab konflik Perang Dunia I, yaitu Imperialisme." Tambahku

" Apa itu Litta?" Tanya Salsa

" Di Zaman Modern ini, ada beberapa Negara yang melakukan Inperialisme. Seperti Negara Inggris Perancil, Jerman, Belanda, dan Italia.

"Padahal Itu berdampak buruk bukan?" Tanya Salsa lagi

"Tentu saja, Salsa" Ujarku

" Bagaimana dengan Perang Dunia II?" Tanya Aura

" Yang aku tau saja ya, Perang Dunia II dimulai pada 1 September 1939, saat Jerman menyerang sisi barat Polandia. Saat itu Jerman dipimpin oleh Adolf Hitler.  Serangan tersebut memicu pernyataan perang Inggris dan Perancis terhadap Jerman. Mengutip dari BBC, dua hari setelahnya, Inggris menyatakan perang terhadap Jerman. Hal ini kemudian menjadi penyebab Perang Dunia II dimulai"

"Setahun setelahnya, bersama Uni Soviet, Jerman berhasil menduduki Polandia secara keseluruhan. Dan juga Perang Dunia II merupakan perang antara 2 kelompok negara yaitu blok sekutu dan blok poros. Ujar ku dengan bersemangat. 

" Manakah yang lebih lama berlangsung nya? Perang Dunia I atau Perang Dunia II? Tanya Aura dengan penuh penasaran.

" Yang jelas Perang Dunia II berlangsung lebih lama dari Perang Dunia I yaitu selama enam tahun lamanya." Ujar aku

" Apa kau tau dampak apa saja yang terjadi di Perang Dunia 1" Tanya Aura

" Tentu saja, Dampak perang dunia 1 mengimbas ke bidang sosial, antara lain sebagai berikut: Menurunnya populasi manusia akibat angka kematian yang dialami negara Eropa. Meningkatnya peran perempuan untuk meningkatkan kelangsungan hidup mereka. Negara Eropa mengupayahkan untuk peningkatkan produktivitas industri." Ujarku

" Litta, bagaimana kau bisa tahu semua ini?" Tanya Salsa

" Aku mempunyai hobby membaca buku sejarah, aku mempunyai banyak buku sejarah. Salah satu buku yang aku punya adalah tentang Perang Dunia I dan Perang Dunia II, dan juga aku sering membaca referensi - referensi." Ujarku 

" Dimana kau membaca referensi itu?" Tanya Aura

Dengan santai aku menjawab "aku membaca referensi itu di google" "Apa kalian tidak pernah membaca referensi tentang sejarah?" Tanya ku dengan terkejut.

" Wah, kau tidak sadar ya Litta, ketika pelajaran Sejarah berlangsung, kami berdua pasti bolos kekantin. Karena pelajaran itu sangat membosankan. Ujar Salsa di selingi ketawa Aura.

" Sudah, cukup bercanda nya... jadi kesimpulan kita hari ini adalah umumnya dapat dikatakan bahwa peperangan dimulai saat Jerman menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939, dan berakhir pada tanggal 14 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat. Secara resmi PD II berakhir ketika Jepang menandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender di atas kapal USS Missouri pada tanggal 2 September 1945, 6 tahun setelah perang dimulai. Perang Dunia II berkecamuk di tiga benua tua; yaitu Afrika, Asia dan Eropa. Berikut adalah data pertempuran-pertempuran dan peristiwa penting di setiap benua. Ujarku dan di tatap penuh kagum oleh Salsa dan Aura. 

Setelah mendengarkan Litta menjelaskan panjang lebar. Salsa dan Aura Mulai bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Sejarah. Tidak lama setelah itu, tugas mereka berdua sudah selesai.   

" Sepertinya kalian sudah mulai mengerti ya, sebaiknya hari ini cukup sampai disini. Besok pagi kita harus pergi kesekolah." Ujarku 

"Kau benar, jam sudah menunjukkan pukul 19.00 WIB. Terima kasih Litta, karena kau aku jadi tahu banyak tentang sejarah penting Perang Dunia I dan Perang Dunia II" ujar Salsa

" Iya Litta, Terima Kasih banyak." Tambah Aura

"Hahahaha, bisa saja kalian ini.. Aku senang bisa membantu kalian. Ya sudah sampai jumpa besok disekolah..bye bye!" Ujarku

" Baiklah Litta, Bye!" Ujar Aura dan Salsa bersamaan

Cerita selesai. Pesan moral yang didapat adalah yaitu bahwa peperangan tidak menyelesaikan permasalahan dan akan membawa kehancuran. dari sini kita dapat mengambil pelajaran untuk bersaing dengan cara yang lebih sehat misalnya dalam bidang iptek bukan malah menunjukkan eksistensi bangsanya melalui adu kekuatan militer.

Ditulis oleh : Litta Aprilia (XI IPS 1) SMAN 1 Pontianak

Proyek MID Semester Sejarah Minat Materi PD 1 dan PD 2

Tidak ada komentar