Punya Motor Honda Tapi Tak Paham Pengistilahannya, Berikut Penjelasannya

Motor Honda

Bujangadau - Sepeda motor Honda menjadi primadona dikalangan masyarakat dalam berbagai rentang sosial dan usia. Hal ini menyebabkan semua kalangan menyukai dan memilih sepeda motor Honda itu sendiri dalam berkendara dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya performa yang unggul, sepeda motor Honda juga terbukti awet serta harga jualnya juga tinggi.

Sudah berapa lama kamu menggunakan sepeda motor dalam hidup? Pernahkah menemukan istilah-istilah yang tidak pahami dalam otomotif terutama perihal sepeda motor Honda. Mari kita simak bersama dalam artikel dibawah ini.

1. PCX

PCX adalah merupakan singkatan dari Personal Comfort Xaloon. Saloon adalah kosakata bahasa inggris yang memiliki arti tempat nongkrong atau bar. Barut ahu bukan?

2. ABS

ABS merupakan singkatan dari Anti-lock Braking System. Bahasa Indonesia dari ABS yakni rem anti terkunci. ABS merupakan sistem pengereman pada motor agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

3. CW

CW merupakan singkatan dari Cast Wheel. Ini memiliki arti yaitu motor tersebut menggunakan Palek Resing (Velg Racing). Palek resing setelah saya google ternyata kerangka besi tempat peletakan ban. Ya mesti saya juga ga tau pasti tipe-tipe lain kerangka besi di dunia permotoran wkwk.

4. ISS 

ISS adalah singkatan dari Idling Stop System. Artinya yaitu fitur tehnologi yang memungkinkan mesin mati sendiri setelah berhenti lebih dari 3 detik. Tapi jangan khawatir, mesin otomatis menyala kembali saat tuas gas diputar. Teknologi ini diklaim membantu mencegah bahan bakar terbuang sia-sia. Jadinya bisa lebih irit, ramah lingkungan. Diklaim menjaga performa mesin dan aki untuk tetap optimal.

5. CBS

CBS adalah singkatan dari Combi Brake System. Ini adalah sistem pengereman yang membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara optimal. Pengoperasian rem dengan menarik tuas rem kiri, rem depan, rem belakang dapat berfungsi dengan tepat dan menjadi mudah. Jadi bisa dikatakan motor dengan sistem CBS berarti hanya cukup menarik satu tuas rem tapi hasilnya roda depan dan belakang motor juga ikut melambat/nge-rem.

6. FI atau PGM-FI

FI adalah singkatan dari Fuel Injection. FI memiliki arti bahwa sistem injeksi bahan bakar elektronik digital. Sistem FI yang diberikan oleh Honda untuk mesin pembakaran memasok bahan bakar dan oksigen secara tepat sesuai kebutuhan mesin di setiap keadaan. Teknologi ini digunakan sejak akhir 1980-an dan di terapkan pada sepeda motor, mobil, dan mesin tempel. Sistem injeksi ini mengunggulkan peran berbagai komponen sensor. Komponen sensor kemudian mengirimkan sinyal informasi ke pusat kontrol mesin ECM (Engine Control Module). 

7. GTR

GTR merupakan akronim yang sering ditemui di beberapa tipe motor Honda. Ini adalah akronim yang maknanya Grand Touring. Artinya yaitu walau dirancang untuk kebutuhan konsumen memakainya sehari-hari, namun juga nyaman di bawa dalam perjalanan jauh. 

8. R

Dilansir dari situs otomotif terpercaya, R artinya Race oriented. Di persiapkan untuk pemakaian yang sedikit ekstrim dengan kecepatan yang lebih daripada biasanya. Meski saya gak sepenuhnya setuju dengan olahraga balapan yang stigmanya yaitu olahraga yang rentan celaka hiksss. But normalize learn, relearn, dan unlearn yaaa, sapa tau saya tar berubah pikiran/pendapat tentang olahraga balapan ini.

9. RR

RR artinya yaitu Race Replica. Ini mungkin levelnya diatas R ya karena double huruf R nya. Ini sudah di tahap replikanya motor balap, wahhh.

Nah, itu dia istilah-istilah dalam dunia otomotif yang sebaiknya kita ketahui bersama. Semoga artikel ini membantu dan menambah pengetahuan kita bersama ya.

Sampai bertemu pada artikel selanjutnya ...

Tidak ada komentar