Cerita Rakyat Kalbar: Padang 12


Alkisah pada zaman dahulu kota gaib penuh misteri bertebaran di Indonesia. Di tanah Kalimantan, khususnya Kalimantan Barat Terdapat kota Padang 12 merupakan kota yang terdapat di Ketapang, Kalimantan Barat. Padang 12 merupakan padang rumput sepanjang 12 KM. Kota ini terletak antara kecamatan kendawang dan pasaguan. Disana hanya terlihat ilalag dan pohon pinus. Yang diyakini sebagai kota gaib yang menyimpan banyak misteri.


Namun, menurut legenda dulunya kota ini adalah kota biasa dengan penduduk yang normal. Semua itu lantas berubah. Katanya, Ketika Penjajahan Jepang, kampung itu akan diserang oleh tentara Jepang. Di kampung tersebut terdapat seorang yang memiliki ilmu sakti lalu dengan ilmunya itu kampung Padang 12 itu dihilangkan agar tidak dapat dilihat manusia biasa. Sayangnya, sang orang sakti tersebut tidak dapat mengembalikan Padang 12 seperti sediakala, sehingga kampung tersebut tetap menghilang beserta semua penduduk yang terdapat di dalamnya.

 

Sementara itu, dari cerita mulut ke mulut Padang 12 merupakan kota yang sangat megah dengan peradaban yang modern. Serta tidak semua bisa melihat kota tersebut hanya orang orang berhati bersih lah yang bisa kota megah tersebut.


Konon katanya, kota ghaib ini sudah ada sejak jaman nenek moyang, dan banyak cerita yang melegenda tentang orang-orang yang melihat atau bahkan bertemu dengan penduduk Padang 12.


Penduduk Padang 12 memiliki karakteristik yang berbeda pada manusia biasa, dimana penduduk Padang 12 ini tidak memiliki garis bibir yang dijuluki sebagai “Orang Limun” (Orang Kebenaran). Manusia biasa tidak dapat melihat orang lemin, dan anehnya lagi orang limun juga tidak dapat melihat manusia biasa. 


Wujud orang limun masih banyak yang meragukan kepastiannya, ada orang yang mengatakan orang limun merupakan keturunan malaikat Harut dan Marut yang berada di bumi, ada juga yang mengatakan orang limun ini orang yang sangat suci dan rajin ibadah, dan ada juga yang mengatakan orang limun ini berasal dari jin muslim yang sudah ribuan tahun tinggal di “kota itu”.


Suasana kota Padang 12, menurut pengakuan orang yang bisa melihat Padang 12 mengatakan kota tersebut super super mewah, bersih, indah dibanding negara maju yang ada di belahan bumi manapun. . Keberadaan mobil mewah seperti Roll Royce dan Ferrari menjadi pemandangan yang biasa di Padang 12 tersebut, tidak hanya mobil mewah disana juga terdapat rumah rumah mewah gedung gedung yang bagus, dan konon katanya penduduk disana memiliki mobil, pesawat, serta kapal pesiar pribadi.

 

Kegiatan orang limun disana sama seperti manusia biasa, mereka juga terdapat kegiatan jual beli disana, dan anehnya ketika bertransaksi alat tukar mereka bukanlah uang sebagai alat tukar yang sah melainkan kunyit atau semacam rempah rempah, nilai kunyit ini tidak lah murah melainkan nilai kunyit ini setara dengan emas. Konon katanya, kunyit yang tadi digunakan sebagai alat transaksi akan berubah menjadi emas kebesokan harinya. Bahkan katanya terdapat harta karun yang tertimbun di Padang 12 ini


Konon katanya, musisi dan pedangdut legendaris Indonesia yaitu rhoma irama. Katanya Rhoma Irama ini pernah manggung disana (Padang 12) . Dan menurut fansnya itu pertama kalinya Rhoma Irama datang untuk manggung di daerah mereka. Namun,

 

Rhoma Irama bilang “Tidak, saya sebelumnya sudah pernah manggung disini. Tapi kok berubah ya kotanya” Soalnya dari ingatannya pertama kali dia datang ke “Ketapang” Kotanya itu sangat sangat maju dan sangat megah. Makanya saat Rhoma Irama datang ia heran, mengapa Kota Ketapang menjadi berubah padahal fans nya yakin itu pertama kalinya Rhoma Irama pertama kalinya datang. Penduduk Ketapang atau fansnya Rhoma Irama langsung berasumsi bahwa yang Rhoma Irama datangi adalah Padang 12.

 

Konon katanya, jika seseorang mendatangi Padang 12 terus ia melihat kemegahan Padang 12 lalu mereka yang melihat pulang dan menceritakan Padang 12 ini, maka saat ia tidur dan bangun dari tidurnya ia akan melupakan semua mengenai Padang 12 itu.


Konon katanya jika manusia melewati Padang 12 itu dan memiliki sifat sombong, takabur, serta memiliki niat jahat maka manusia tersebut langsung dilihatkan dengan pemandangan yang aneh, seram, atau lebih parah dari itu.

 

Pernah suatu waktu ada seorang warga bertemu dengan nenek-nenek pada malam hari di sekitar Pasar Ketapang. Si nenek tersebut minta diantar pulang. Namun, ketika sampai di dekat kawasan Padang 12, si nenek yang membonceng sepeda motornya sudah hilang. “Orang itu ikhlas menolong nenek, jadi pas sampai rumah di motornya ada kunyit emas,”


Kisah tersebut tentu menjadi cerita mistis yang sangat cepat beredar di masyarakat setempat bahkan juga masyarakat Kalimantan secara umum. Sampai saat ini masih banyak yang penasaran dengan kebenaran legenda kota Padang 12 ini. Banyak yang dengan sengaja berkunjung ke sana untuk sekadar melihat lokasi kota Padang 12. Ya tapi memang tidak sembarang orang bisa melihatnya. Hanya mereka yang memiliki hati bersih saja yang konon bisa melihat kota ghaib yang satu ini.


Pesan moral yang dapat kita petik dari kisah ini yaitu selalu rendah hati dan selalu memiliki niat yang baik serta memiliki pikiran bersih dimanapun kita berada dan kapanpun itu.

Ditulis Oleh: Akram Zhiyadh Ramadhani, Siswa SMAN 1 Pontianak

Narasumber: Muhammad Gunawan, 50 Th (Jl. Ayani 2, Komp. Cempaka Mas)

Proyek Penilaian Tengah Semester Sejarah

Tidak ada komentar