Menjaga Motor Saat Ditinggal Berpergian, Begini Tipsnya



Berkumpul bersama dengan keluarga dan orang-orang terkasih merupakan suatu hal yang menyenangkan dan senantiasa ditunggu-tunggu oleh semua orang. Oleh karenanya, moment semacam ini selalu dilakukan saat memiliki waktu luang atau bahkan memang direncanakan dengan sebaik-baiknya. Banyak hal yang membuat situasi pulang kampung menjadi momentum sakral karena menjadi sebuah pertemuan hangat yang kerap sulit untuk dilakukan. 

Banyak sekali orang yang terpisah jauh dari keluarga dan atau orang-orang terkasih. Berbagai sebabpun menjadi aspek didalamnya, dapat karena bekerja dan tak mudah mendapatkan cuti berlibur, jarak yang begitu jauh sehingga tak bisa sering pulang dan berbagai alasan lainnya. Oleh karenanya, momentum saat berlibur dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bertemu dan berkumpul bersama. 

Pulang ke kampung halaman dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dapat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sepeda motor dan atau mobil dan dapat pula menggunakan moda transportasi bersama yang dirasa aman dan juga murah untuk digunakan. Untuk perjalanan jauh, banyak yang memilih menggunakan transportasi publik dan meninggalkan kendaraan pribadinya di rumah. Bagi calon pemudik yang meninggalkan sepeda motor di rumah, simak beberapa hal yang harus dilakukan agar saat kembali pulang setelah mudik, sepeda motor kesayangannya tidak bermasalah karena ditinggal terlalu lama. Berikut tips agar sepeda motor kesayangan tetap handal dan prima saat ditinggal berpergian.  

1. Cuci Bersih Sepeda Motor  


Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat sekaligus tidak meninggalkan bau tidak sedap selama ditinggal mudik. Perhatikan kebersihan bagian kolong step floor pada motor matic agar tidak luput saat membersihkan motor.  

2. Kurangi Volume Bahan Bakar  


Kosongkan tangki bahan bakar jika sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama guna pertimbangan keamanan. Jangan lupa juga cek apakah ada kebocoran tangki dari bahan bakar, rembesan oli mesin, coolant dan oli suspensi.  

3. Pastikan Tekanan Ban dan Posisikan Motor Standar Tengah  


Wajib memeriksa kondisi tekanan ban sebelum ditinggal mudik, sesuaikan tekanan ban dengan ketentuan. Pada saat ditinggalkan dengan posisi parkir dalam waktu lama, biasanya tekanan angin ban dapat berkurang karena perubahan suhu. Ini biasanya terjadi jika ban tidak dilapisi alas, sehingga bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin. Penggunaan standar tengah dapat membantu kestabilan motor tetap terjaga dan kondisi ban tidak menerima beban berlebih atau tertekan oleh bobot motor ketika dalam kondisi parkir.  

4. Lepas Kedua Kabel Aki Motor  


Sebelum meninggalkan motor sebaiknya cabut kedua kabel aki. Hal ini untuk menghindari aki soak setelah ditinggall ama.Aki yangk abelnya tidak dicabut dan ditinggal lama bisa soak karena baterai berpotensi masih mengeluarkan sedikit muatan listrik saat terhubung dengan motor .  

5. Simpan Motor dalam Ruangan.  


Pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan sebaiknya berada di dalam ruangan. Simpan motor di dalam rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, agar motor tetap bersih dari debu dapat menutupnya dengan menggunakan sarung atau cover motor.  

Merawat kendaraan khususnya sepeda motor dengan benar tentu berdampak baik pula bagi kendaraan yang kita miliki. Dengan perawatan yang tepat, sepeda motor dapat terus digunakan dengan performa yang baik setelahnya dikemudian hari. 

Terlebih, sepeda motor adalah kendaraan yang kerap kita gunakan dalam berbagai kesempatan sehingga kuantitas pemanfaatannya sangat sering dilakukan. Oleh karenanya, jangan salah Langkah agar sepeda motor dapat tetap baik dan nyaman.

Tidak ada komentar