Journalist Competition 2023, Cara Astra Motor Kalbar Apresiasi Jurnalis



Jurnalis merupakan tonggak informasi, kerja-kerjanya harus senantiasa diapresiasi dan ruang pemberitaan serta kebebasan harus terus diberikan. Jurnalis bukan sebatas sumber berita, namun darinyalah informasi dan kebebasan dalam menyuarakan pendapat dan lain sebagainya dapat diterima oleh masyarakat. Karena itu, penting untuk terus mendukung para jurnalis agar proses transformasi dan penyebaran informasi yang akurat dan tepat dapat dilakukan.  

Proses mendukung dan mendorong kerja jurnalis sekaligus bentuk pemberian apresiasi ini dilakukan oleh PT. Astra International Tbk-Honda atau yang dikenal pula dengan Honda Kalbar. Seperti-tahun-tahun sebelumnya, Astra Motor Kalbar secara konsisten menyelenggarakan Journalist Competition. Pembukaannya dilakukan di Orchard Hotel, Jalan Gajahmada, Pontianak dengan menghadirkan jurnalis dan blogger yang nantinya akan berkompetisi memperebutkan predikat dan hadiah menarik yang sudah disiapkan oleh Astra Motor Kalbar.  

Journalist Competition merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh Astra Motor Kalbar dan ditujukan kepada para jurnalis dan juga blogger. Kompetisi menulis berita ini menjadi ajang tahunan yang diperuntukkan kepada jurnalis dan blogger yang senantiasa memproduksi berita tentang sepeda motor Honda.  Selama ini, Astra Motor Kalbar senantiasa berjejaring dan membangun hubungan yang baik dengan semua pihak, tidak terkecuali dengan para jurnalis dan juga blogger. Dari para jurnalis dan blogger, berbagai informasi tentang Honda dapat sampai kepada masyarakat melalui pemberitaan yang dibuatnya. 

Melalui kegiatan journalist competition ini, diharapkan dapat membuat hubungan antara Astra Motor Kalbar dan journalist dapat lebih terjalin baik dan tercipta symbiosis yang baik pula.  Selain para jurnalis dan blogger, dalam kick off journalist competition tersebut juga turut hadir para jajaran dari manajemen Astra Motor Kalbar. Beberapa diantaranya ialah Manager Honda Customer Care (H3C) Astra Motor Kalbar, bapak Liem Hok Lay. Adapula Bapak Fitriadi Cipta yang menjabat sebagai HSO Technical Training Instructor Astra Motor Kalbar dan beberapa staf lainnya.  

Lukas Ferinata yang merupakan Kepala Wilayah Astra Motor Kalbar turut menuturkan bahwa ditahun-tahun sebelumnya, Journalist Competition telah sukses dilaksanakan sehingga ia berharap dapat kebali sukses ditahun 2023 ini.  “Tentunya menjadi salah satu cara mengapresiasi kerja-kerja rekan jurnalis yang selama ini sudah memberikan sumbangsih besar pada pemberitaan tentang produk Honda. Sehingga kami memberikan sarana untuk berpestasi,” ujarnya.  

Journalist Competition 2023 Astra Motor Kalbar diperuntukkan pada beberapa kategori yaitu media cetak dan juga media online serta elektronik dan dapat mengangkat berbagai pemberitaan tentang Honda berupa promo, perawatan, tips dan trik dan lain sebagainya. Tercatat terdapat dua puluh jurnalis yang mengikuti kompetisi menulis berita dalam kegiatan Journalist Competition Astra Motor Kalbar tahun 2023 ini. Keduapuluh jurnalis ini akan berkompetisi dalam memperebutkan hadiah menarik yang telah dipersiapkan oleh manajemen Astra Motor Kalimantan Barat.  

Journalist Competition Astra Motor Kalbar berlangsung sejak bulan Mei hingga Oktober 2023. Para jurnalis yang telah memproduksi tulisan pemberitaan tentang Honda dapat melakukan submit bukti di website resmi milik Astra Motor Kalbar untuk kemudian diakumulasikan dalam jumlah poin. Poin-poin yang terkumpul ini yang nantinya akan diakumulasikan sebagai salah satu penentuan pemenang dalam kompetisi ini.  Selain kuantitas dan point, tentu masih ada penentu kemenangan dalam kompetisi menulis berita tentang Honda ini. 

Diantaranya ialah kualitas tulisan. Tentu bukan sembarang tulisan dapat dijadikan patokan kemenangan, tulisan-tulisan yang ada haruslah senantiasa informatif dan juga memberikan kebermanfaatan kepada para pembaca, khususnya konsumen Honda dimanapun berada.  Tak main-main, dalam kompetisi ini berbagai hadiah yang diberikan juga sangatlah menarik. 

Adapun hadiah utama bagi pemenang ialah akan memperoleh satu unit Honda Beat Sporty CBS. Sementara itu, adapula hadiah uang tunai untuk juara terbaik masing-masing Rp. 3.000.000 untuk juara 1, Rp. 2.500.000untuk juara 2, Rp. 2.000.000 untuk juara 3, Rp. 1.500.000 untuk juara empat dan Rp. 1.000.000 untuk juara kelima.

Tidak ada komentar