Upaya Menarik Wisatawan, Jewita Gencar Promosikan Wisata di Kalbar



Anggota KBP memperoleh juara 1 blog pariwisata

BujangAdau - Menurut Undang-Undang No.10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan di dukung fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat setempat, sesama wisatawan, pemerintah, pemerintah daerah dan pengusaha.
Sedangkan Prof. Saleh Wahab (1975) mendefinisikan pariwisata adalah salah satu jenis industri baru yang mampu mempercepat perumbuhan ekonomi dan penyediaan lapangan kerja, peningkatan penghasian, standar hidup serta menstimulasi sektor-sektor produktif lainnya. Selanjutnya, sebagai sektor yang komplek, pariwisata juga merealisasi industri-industri klasik seperti industri kerajinan tangan dan cinderamata, penginapan dan transportasi.
Tampaknya pernyataan dari Prof. Saleh Wahab ini dapat dibenarkan, pariwisata dewasa ini memang menjadi sektor primadona yang banyak dikembangkan oleh banyak daerah di Indonesia. Daerah-daerah ini berupaya mengembangkan sektor pariwisata sebagai industri penarik wisatawan lokal maupun mancanegara.
Kalimantan Barat merupakan 1 dari 35 provinsi di Indonesia, wilayah yang secara administratif terbagi atas 14 kabupaten/kota ini beribukotakan Pontianak, Kalimantan Barat juga terdiri atas wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai Darussalam antara lain kabupaten Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang dan juga Kapuas Hulu.

Memiliki wilayah yang luas dengan 14 kabupaten kota di dalamnya membuat Kalimantan Barat memiliki banyak sekali destinasi wisata. Kalimantan Barat memiliki Danau Sentarum di Kapuas Hulu yang merupakan danau terbesar dengan berbagai habitat hewan langka di dalamnya, Bukit Kelam di Sintang yang merupakan batu alam terbesar di dunia, Pontianak yang memiliki Tugu Khatulistiwa dan Singkawang yang terkenal dengan Kota 1000 Kelentengnya. Belum lagi destinasi lain yang meliputi sejarah, alam, ekowisata dan masih banyak lagi.
Sadar akan pentingnya pengembangan aspek pariwisata di Kalimantan Barat, Jejaring Wisata (Jewita) Kalbar bekerjasama dengan Bank Indonesia dan dinas-dinas terkait di dukung steakholder seperti travel agent, perhotelan hingga wali kota Pontianak menyelenggarakan seminar dengan tema Pesona Kalbar 2017 “Pariwisata Masa Depan Kita” di Aula Kantor BI Perwakilan Pontianak. Kamis, (16/3).
Dalam menggencarkan promosi pariwisata  yang ada di Kalimantan Barat, Jewita menggelar berbagai perlombaan. Setelah sukses pada tahun sebelumnya, tahun ini Jewita menggelar empat empat kategori lomba dalam upaya promosi wisata di Kalbar diantaranya lomba selfie, fotografi, video pendek, dan penulisan blog dengan menggandeng media partner dalam penyelenggaraannya.
Aristono, Direktur Jewita dalam kata sambutannya menyatakan bahwa Kalimantan Barat memiliki potensi besar dalam pengembangan pariwisata yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. “Jewita ingin mengingatkan bahwa Kalbar meemiliki potensi besar dalam sektor pariwisata, kemudian melalui karya-karya ini kami akan memetakan objek wisata Kalbar dan mempublikasikan melalui buku, website dan media sosial,” ungkapnya.
Ia juga menambahkan harapannya sesaat sebelum menutup kata sambutannya. “Kami berharap kedepan sinergitas antara pemerintah, steakholder serta masyarakat dalam memajukan pariwisata kita semakin solid,” tutupnya.
Berbagai hadiah dibagikan kepada para pemenang lomba, salah satunya anggota Komunitas Blogger Pontianak yang mendapat juara 1 blog pariwisata, dibagikan juga doorprize menarik kepada peserta seminar. Semoga saja, setelah ini pariwisata di Kalimantan Barat dapat berkembang dan menarik minat berkunjung masyarakat lokal dan internasional guna kemajuan Kalimantan Barat yang lebih baik.


Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar