Sotong Pangkong Kuliner Khas Ramadhan di Jalan Merdeka Kota Pontianak

Sotong Pangkong

BujangAdau – Kota Pontianak adalah ibukota provinsi Kalimantan Barat, kota yang didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Al-Kadri ini merupakan kota yang indah karena dilalui oleh sungai terpanjang di Indonesia yaitu Kapuas. Di Pontianak juga terkenal dengan beranekaragam budaya, ras, serta agama yang membuat Pontianak semakin bersinar dari waktu ke waktu.

Berbicara tentang Pontianak khususnya bulan Ramadhan, terdapat kuliner khas yang sangat unik dan wajib dicoba bagi siapa saja. Kuliner ini dikenal dengan nama Sotong Pangkong dan dapat ditemui disepanjang Jalan Merdeka Pontianak, dari sore hingga malam hari.Uniknya, panganan khas ini hanya dapat kita temui sepanjang perayaan Ramadhan saja.

Sotong Pangkong
Sotong Pangkong
Diberi nama sotong pangkong karena makanan ini berbahan dasar cumi-cumi/sotong yang sudah dikeringkan dan selanjutnya dibakar hingga matang. Dalam penyajiannya sendiri, sotong yang sudah di bakar lalu dipukul-pukul hingga halus. Dalam Bahasa Melayu Pontianak sendiri, pukul sama artinya dengan pangkong sehingga makanan ini kemudian diberi nama Sotong Pangkong.

Proses Pembakaran Sotong 
Untuk menambah cita rasa, sotong pangkong juga disajikan dengan sambal seperti sambal ebi, sambal pedas manis hingga sambal kacang yang menambah cita rasa gurih dari makanan yang satu ini serta yang pasti membuat siapa saja enggan berhenti untuk terus mengunyah nikmatnya sotong pangkong tersebut.

Harga dari sotong pangkong juga bervariasi tergantung pada ukuran. Salah satu kedai menjual makanan ini dengan harga berkisar Rp. 25.000,- hingga Rp. 100.000,- per porsi. Biasanya, para penikmat sotong pangkong di sepanjang Jalan Merdeka ini akan menikmati makanan yang satu ini sambil duduk lesehan ditempat yang sudah disediakan oleh pedagang.

Pengunjung Penikmat Makanan Unik Sotong Pangkong
Selain menjadi primadona saat ramadhan oleh masyarakat Pontianak, sotong pangkong juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang sedang berkunjung dan penasaran ingin mencicipi nikmatnya hidangan khas nan unik dari Pontianak yang hanya ada selama ramadhan tersebut.

Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar :