Kampung Berseri Astra, Bukti Kontribusi Untuk Negeri

Bentuk Keramahan Anak-Anak di KBA Sungai Jawi / Foto : Rio.P

BujangAdau - Pontianak sore itu tampak muram, awan hitam melintas kesana-kemari diiringi dengan gemerlap kilat yang saling bersautan. Sambil melihat kearah langit, penulis merogoh saku celana mengambil gawai yang sejak tadi berbunyi suara notifikasi pesan singkat dari aplikasi whatsapp yang ternyata menginstruksikan penulis untuk segera berkumpul disebuah cafe tempat dimana blogger Pontianak biasa berkumpul untuk selanjutnya bersama-sama mengunjungi Kampung Berseri Astra.

Seusai menyelesaikan tanggung jawab mengajar disalah satu sekolah negeri di Kota Pontianak, penulis bergegas menuju lokasi yang dimaksud. Menggunakan Honda Vario, penulis menyusuri jalanan di kota Khatulistiwa ini agar segera sampai ke lokasi yang ingin dituju. Derai angin dan rintik gerimis terus menghantam jaket yang penulis gunakan. Untunglah, hujan deras belumlah turun.

Sesampainya di cafe tersebut, nampak beberapa blogger Pontianak sedang asik bercengkrama sambil bersenda gurau. Beberapa topik seperti cara menaikan DA/PA hingga placement turut dibahas. Sayangnya, saat hendak melanjutkan perjalanan menuju tujuan utama, hujan turun dengan lebatnya sehingga waktu dihabiskan untuk kembali bercengkrama sambil merekatkan tali silaturahmi. Beberapa gelas minuman hangat dan pisang goreng keju susu turut menemani dinginnya Pontianak sore itu.

Hari mulai gelap, waktu saat itu kurang lebih sudah menunjukkan pukul 17.15 WIB. Hujan perlahan berhenti dan saat itu pula kami langsung bergegas menuju Kampung Berseri Astra (KBA) yang ada di Sungai Jawi, Pontianak menggunakan sepeda motor masing-masing sambil menyusuri jalanan Pontianak yang basah setelah hujan turun dengan lebatnya. Sesampainya disana, penulis bertemu dengan beberapa orang bapak-bapak yang tengah asik bekerja bakti merapikan parit yang kemudian akan dijadikan tempat lomba memancing lele dua hari setelahnya.

Warga Sedang Kerja Bakti Menersihkan Parit / Foto : Rio.P
Kerja Bakti Bukti Keharmonisan Warga di KBA /Foto : Rio.P
Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program corporate social responsibility (CSR) Astra yang kemudian diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan juga Kesehatan.

Untuk dapat ditetapkan sebagai KBA, setidaknya dilakukan melalui berbagai tahap yang panjang, beberapa tahap tersebut antara lain:

1.      Koordinasi yang dilakukan oleh perusahaan Astra
2.      Melakukan pembentukan tim KBA
3.      Melakukan tahap koordinasi dengan pemerintah daerah
4.      Social Maping
5.      Menentukan lokasi strategis dari KBA
6.      Melakukan penyusunan program dan rencana kerja,serta
7.      Melakukan komitmen bersama dan kick of program KBA tersebut

Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah Kampung Berseri Astri terbilang memiliki kuantitas yang sangat banyak. Hingga tahun 2018 saja, tercatat sebanyak 77 daftar Kampung Berseri Astra yang tersebar diseluruh wilayah di Indonesia yang salah satunya berada di Sungai Jawi, Kecamatan Sungai Jawi, Komplek Perumahan Mergodadi Rejo 2 Pontianak yang resmi berdiri sejak tahun 2016.

Pada mulanya, kampung yang memiliki luas total wilayah 221.000 meter persegi ini merupakan kampung yang dihuni oleh para pendatang dari Jawa Madura yang kemudian seiring dengan berjalannya waktu serta dianggap layak, maka kemudian dipilih dan ditetapkan sebagai Kampung Berseri Astra dikota Pontianak.

Sama halnya dengan tujuan awal dibentuknya Kampung Berseri Astra seperti telah dijelaskan diatas, konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan juga Kesehatan. Hal  ini diungkapkan oleh Rian, ketua Kampung Berseri Astra Sungai Jawi Pontianak.

“Astra Group telah memberikan kontribusi sosial pada empat sektor yakni pendidikan, kesehatan,lingkungan, dan juga kewirausahaan (UKM). Di sektor kewirausahaan masyarakat diberikan modal contohnya alat produksidan mereka dibimbing dalam produksi,” ungkapnya.

Berikut ini, bentuk nyata kontribusi Kampung Berseri Astra yang ada di Sungai Jawi Pontianak.

1.      Bidang Pendidikan
Bentuk kepedulian Astra Group dalam bidang pendidikan khususnya pemahaman masyarakat dalam pentingnya memahami aturan lalu lintas, turut dipasang plang-plang gerakan “Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas”. Hal ini dilakukan guna mewujudkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya budaya aman dalam berkendara.

sumber : @blogsteguh

2.      Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan, di Kampung Berseri Astra Sungai Jawi sendiri turut dilakukan pendampingan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) melalui kegiatan penimbangan bayi serta pemberian vitamin.

3.      Bidang Lingkungan
Dibidang lingkungan, Kampung Berseri Astra Sungai Jawi terdapat berbagai mural dengan gambar berbagai objek lokal di Kalimantan Barat yang terletak pada dinding-dinding tembok yang ada di kampung tersebut. Beberapa gambar bangunan seperti Keraton Kadariyah, Rumah Radakng hingga Jembatan Kapuas Tayan membuat pemandangan begitu indah. Selain mural, dikembangkan pula kebun TOGA Margo Indah.

Mural Bergambar Masid Mujahiddin / Foto : Rio/P

4.      Bidang Kewirusahaan
Dikutip dari blog sitimustiani.com, dalam bidang kewirausahaan di Kampung Berseri Astra sendiri terdapat usaha Opak Indah milik Mawardi yang dikelola bersama sang istri, Ponirah. Selain Opak, olahan seperti rengginang juga turut diproduksi disini. Selain itu, untuk terus mengembangkan kewirausahaan yang ada, Astra Group juga turut menjalin kerjasama dengan Universitas Tanjungpura dan terus berupaya melahirkan wirausaha-wirausaha baru di KBA Sungai Jawi ini sendiri.

Selain dari program yang telah terlaksana, berbagai kegiatan menarik juga kerap dilaksanakan oleh Astra Group di KBA Sungai Jawi tersebut. Hal ini diungkapkan Putri,salah satu warga dari KBA Sungai Jawi tersebut.

“Banyak kegiatan apalagi kalau Agustusan, kegiatannya bisa sampai berhari-hari. Seru, menyenangkan pastinya. Kampung jadi rame, meriah gitu. Selain itu juga banyak bantuan sih seperti bangku di pos ronda, denah itu dan lain-lain,” ungkapnya.

Kampung Berseri Astra melalui berbagai program yang tercipta memberikan banyak dampak positif di Indonesia. Melalui Kampung Berseri Astra menjadi bukti nyata wujud kontribusi untuk negeri yang baik bagi keberlangsungan hidup seluruh masyarakat di Indonesia.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar