Lomba Sampan Bidar Jadi Ajang Tarik Wisatawan di Sekadau



Raja Sekadau beserta rombongan menaiki kapal di lokasi lomba

BujangAdau – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan kebudayaan pada suatu daerah. Salah satunya melalui Lomba Sampan Bidar Pergerakan  Kemitraan di Kampung KB Tanjung 2018. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan penobatan Raja Kusuma Negara Sekadau oleh BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau serta Pokja Kampung KB Desa Tanjung.

Dua Sampan Bidar Sedang Mencoba Arena

Dua Sampan Bidar Sedang Mencoba Arena

Perlombaan Sampan Bidar ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 Desember 2018 di Kampung KB Desa Tanjung. Tidak tanggung-tanggung, total hadiah dalam kegiatan tersebut senilai Rp. 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) dan acara dibuka langsung oleh Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Barat.

Antusiasme Masyarakat Menyaksikan Perlombaan

Antusiasme Masyarakat Menyaksikan Perlombaan

Acara perlombaan ini berjalan sangat meriah, tidak kurang dari 134 team sampan dari 7 kabupaten/kota di Kalimantan Barat mengikuti perlombaan tersebut. Perlombaan ini turut menjadi ajang  menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Sekadau. Berdasarkan pantauan dari BujangAdau, masyarakat Sekadau dan para pengunjung lainnya seperti yang berasal dari Kabupaten Sintang, Sanggau, Mempawah, dan juga Pontianak datang untuk menyaksikan perlombaan sampan bidar tersebut dengan apresiasi yang tinggi.

Budi, salah satu pengunjung dari Kota Pontianak mengaku senang dengan adanya perlombaan tersebut.

“Saya jauh-jauh dari Pontianak kesini (Sekadau-red) datang memang khusus untuk menyaksikan penobatan Raja Sekadau dan juga melihat lomba sampan bidar. Hal seperti ini kan termasuk dalam pelestarian budaya, kalau bukan kita yang generasi muda yang melestarikan siapa lagi,”ungkapnya.
Sampan Bidar

Selain sebagai sarana melestarikan budaya dan hiburan rakyat, perlombaan sampan bidar ini juga turut menjadi sarana meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini terlihat dari banyaknya lapak warga yang menjajakan dagangannya disaat perlombaan sampan bidar sedang berlangsung.

Mari jaga dan lestarikan  seni dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sekadau.

Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar