Bukti Indahnya Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah



BujangAdau – Bagi sebagian besar orang dengan kuantitas waktu bekerja yang tinggi, sudah dapat dipastikan akan berdampak pada kualitas hidup yang kurang menyenangkan, hal ini karena sebagian besar waktu dihabiskan dengan bekerja dan atau jauh dari orang terkasih. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk dapat kembali fresh adalah dengan liburan.

Berbicara tentang liburan, agaknya salah satu destinasi yang ada di Magelang yang satu ini sangatlah cocok untuk dikunjungi. Bukan tidak dan bukan lain, destinasi tersebut ialah Candi Borobudur yang sekaligus menjadi candi tersebar dan termegah di dunia.

Sejarah mencatat bahwa Candi Borobudur ialah sebuah candi yang dibuat oleh penganut Budha Mahayana pada 800-an masehi yang saat itu tengah diperintah oleh wangsa Syailendra. Bahkan kabarnya, karena sangat megahnya candi ini, sekitar abad 9 hingga 11 banyak pengikut agama Budha dari China, Tibet, Kamboja dan juga India datang dan mencari pencerahan disana. Candi Borobudur juga ditasbihkan menjadi satu dari sekian banyak keajaiban dunia oleh UNESCO.


Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga pada abad 8-9 dengan menggunakan batuan andesit yang kabarnya didatangkan dari Sungai Progo dan sungai lainnya. Batuan tersebut kemudian dikerjakan hingga berbentuk berundak dan diberi pengunci satu dan lainya sehingga dapat kuat dalam penopangannya.

Hal lain yang membuat Candi Borobudur semakin menarik ialah karena candi ini dikelilingi oleh pegunungan yang ada di Jawa. Beberapa gunung yang mengitari Candi Borobudur sendiri ialah Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Sindoro Sumbing. Selain itu, jika kita sudah berada diatas candi tersebut, kita juga akan menyaksikan indahnya pemandangan sekitar komplek candi yang sangat teduh dan asri oleh banyaknya pepohonan.


Jika kita berangkat dari Jogjakarta, kita dapat mencarter mobil menuju candi ini mengingat jarak pusat kota Jogjakarta dan Magelang tidaklah terlalu jauh, selain itu, kita juga dapat menggunakan bus Trans Jogja atau angkutan lainnya.

Berbagai fasilitas juga tersedia di Candi Borobudur ini, misalnya saja jasa guide, penginapan, rumah makan dan lain sebagainya. Selain itu, banyak pula pedagang yang menjajakan cinderamata dengan harga murah dan dapat kita bawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Pengunjung Candi Borobudur juga tidak pernah sepi, setiap harinya puluhan bis terparkir memenuhi area parkir candi, biasanya pengunjung akan semakin membludak saat libur panjang tiba.

Harga tiket sendiri juga bervariasi tergantung tingkatan usia dan juga kewarganegaraan. Harga tiket dewasa berkisar Rp. 30.000,- , dan Rp. 12.500,- untuk anak-anak. Sedangkan turis mancanegara berkisar pada 15 USD, untuk pelajar atau mahasiswa sendiri terkadang pengelola memberikan diskon khusus hanya dengan menunjukkan identitas seperti saat BujangAdau berkunjung kesana beberapa waktu yang lalu. Menyenangkan bukan?
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar