Tips Tampil Cantik dan Aman di Era Milenial

Tips Tampil Cantik dan Aman di  Era Milenial


BujangAdau - Di era millenial seperti saat ini, semua orang berlomba-lomba menampilkan penampilan terbaik dalam semua kesempatan. Penampilan sendiri merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan setiap orang karena melalui penampilan pulalah biasanya cerminan kepribadian seseorang dapat diketahui. Selain itu, manfaat lain dari berpenampilan yang baik antara lain dapat meningkatkan kepercayaan diri hingga menarik perhatian lawan jenis untuk dijadikan pasangan.

Untuk dapat memperoleh penampilan terbaik sendiri dapat didukung oleh banyak hal seperti misalnya gaya berpakaian hingga berbagai polesan kosmetik yang digunakan. Dalam urusan penggunaan kosmetik ini biasanya didominasi oleh para wanita walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak pula pria yang menggunakan produk kosmetik untuk mendukung penampilannya sehari-hari.

Penggunaan kosmetik pada wanita sudah pasti memiliki tujuan untuk dapat terlihat cantik kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, biasanya para wanita selalu membawa peralatan kosmetiknya pula setiap waktu. Namun, yang perlu diketahui bersama bahwa tidak semua produk kosmetik aman digunakan. Bahkan hingga saat ini masih banyak beredar produk kosmetik berbahaya yang dapat membahayakan penggunanya.

Tips Tampil Cantik dan Aman di  Era Milenial

Beberapa contoh produk kosmetik tidak layak dan tidak aman digunakan karena mengandung bahan yang tergolong berbahaya. Misalnya saja produk kosmetik yang didalamnya terkandung bahan seperti logam berat timbal (Pb), bahan pewarna dilarang (Merah K3), arsen, merkuri dan lain sebagainya. Dampaknya sendiri beragam mulai dari iritasi dan flek hitam, hingga kanker kulit tergantung jenis kosmetik yang digunakan.

Untuk mendapatkan hasil riasan yang baik dari penggunaan produk kosmetik, hal lain yang perlu dilakukan ialah memahami jenis kulit. Secara alami, kulit setiap manusia berbeda-beda seperti halnya kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif dan juga jenis kulit lainnya. Oleh karena itu penggunaan produk kosmetik antara satu orang dengan orang yang lain juga tidak dapat disamakan karena harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit dari masing-masing individu.

Tips Tampil Cantik dan Aman di  Era Milenial

Mengingat bahaya yang dapat mengancam siapa saja dalam hal penggunaan produk kosmetik ini, berikut tips memilih kosmetik yang baik dilakukan untuk meminimalisir bahaya yang ditimbulkan dari produk kosmetik yang tidak aman.

1.      Perhatikan Izin Edar Produk
Hal pertama yang dapat dilakukan untuk menghindari bahaya dari penggunaan produk kosmetik ialah dengan memperhatikan izin edar produk kosmetik yang kita miliki. Tujuan dari melakukan pengecekan izin edar produk ialah untuk mengetahui bahwa produk tersebut terbukti aman dan sudah memperoleh izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Biasanya, produk yang aman dan sudah memperoleh izin edar dari BPOM akan tertera nomor registrasi pada kemasan.

2.      Memberlakukan Cek KLIK
Mengingat banyaknya produk kosmetik yang tidak aman untuk digunakan karena dapat menimbulkan berbagai dampak atau efek samping yang berbahaya, sudah sepantasnya kita melakukan pengecekan untuk mengetahui dan memastikan keamanannya. Oleh karena itu, salah satu cara lain yang dapat kita lakukan ialah dengan melakukan Cek KLIK. KLIK sendiri merupakan singkatan dari Kemasan, Label, Izin Edar dan juga Kadaluarsa. Untuk lebih jelas berikut penjelasannya:

a.      Kemasan
Pengecekan kemasan sangat penting dilakukan untuk mengetahui kualitas produk yang akan kita beli. Kualitas kemasan yang baik atau baru biasanya menandakan produk juga baru dan begitu pula sebaliknya. Melalui tahap pengecekan terhadap kemasan kita dapat mengetahui apakah produk yang kita beli masih aman atau tidak.

b.      Label
Dalam pengecekan label sendiri, yang harus kita perhatikan adalah informasi yang berisi tentang nama produk, komposisi atau bahan aktif, kategori obat atau produk, kegunaan, peringatan, dosis hingga anjuran-anjuran produk  yang tertera pada label tersebut.

c.       Izin Edar
Informasi perihal izin edar sudah dijelaskan seperti tertulis pada point satu diatas. Namun untuk sekedar menambahkan, izin edar dapat dicek melalui aplikasi cek obat resmi milik BPOM melalui gawai yang kita miliki.

d.      Kadaluarsa
Point terakhir pada KLIK ialah kadaluarsa. Melakukan pengecekan terhadap tanggal kadaluarsa produk sangatlah penting dilakukan, hal ini mengingat apabila kita mengonsumsi produk kadaluarsa maka dapat menimbulkan resiko yang buruk bagi tubuh.

3.      Cek Komposisi
Seperti telah dijelaskan diatas bahwa kulit satu orang dengan orang lainnya jelaslah berbeda maka penggunaan produk atau komposisi yang digunakan juga haruslah berbeda pula. Melakukan pengecekan komposisi pada produk yang kita beli bertujuan untuk menyesuaikan kebutuhan kulit kita sehingga kita terhindar dari berbagai bahaya yang tidak diinginkan tentunya. Selain itu, penting juga memastikan bahwa produk yang kita beli ialah produk yang halal dan tertera cap halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta aman nenurut BPOM. Hal ini penting dilakukan mengingat tidak semua produk kosmetik yang dijual dipasaran halal dan aman digunakan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk dapat tampil cantik dan aman di era milenial saat ini. Melalui artikel ini diharapkan semua orang dapat tampil maksimal serta terhindar dari bahaya kosmetik yang tidak diinginkan tentunya. Penting diingat, cantik yang sebenar-benarnya tidak hanya dilihat dari polesan kosmetik yang digunakan, karena sebenar-benarnya cantik ialah yang berasal dari hati.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar :