Tips Mengisi Bensin Aman Ala Astra Motor

Tips Mengisi Bensin Aman Ala Astra Motor


BujangAdau –
Melakukan aktifitas menggunakan sepeda motor memang sangat menyenangkan, selain bebas dalam memacu kendaraan sehingga tidak perlu terburu-buru agar aman dalam berkendara, kita juga bebas mengatur waktu istirahat jika merasa badan mulai lelah, apalagi jika berkendara untuk jarak tempuh yang cukup jauh, maka kondisi badan memang haruslah sangat diperhatikan.

Berkendara dengan kondisi badan yang kurang baik sangatlah berbahaya. Hal ini jelas dapat berakibat fatal dan menyebabkan kecelakaan. Dampaknya juga dapat beragam, mulai dari luka ringan seperti lecet-lecet saja dan juga berdampak besar seperti halnya kematian. Oleh karena itu, pahami aturan berkendara, jangan lupa gunakan etika berkendara karena jalanan adalah infrastuktur umum yang dapat digunakan oleh semua pengendara.

Selain paham aturan lalu lintas serta menerapkan etika saat berkendara, hal lain yang sangat penting diperhatikan saat sedang bepergian menggunakan kendaraan tentu saja bahan bakar. Bahan bakar merupakan komponen penting dalam kendaraan, dengan adanya bahan bakar maka kendaraan dapat melaju dan mengangtarkan kita hingga sampai pada tempat tujuan yang ingin kita tuju.

Melakukan pengisian bahan bakar juga semestinya dilakukan ditempat yang tepat seperti halnya POM Bensin, hal ini bertujuan agar kendaraan kita senantiasa mendapatkan bahan bakar asli yang baik sehingga berdampak baik pula pada kondisi mesin, dalam artian kendaraan tidak mendapatkan bahan bakar oplosan dan atau lain sebagainya.

Selain hal diatas, terdapat hal lain yang perlu dilakukan saat melakukan pengisian bahan bakar kendaraan. Hal ini agar kita senantiasa aman dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut ini, tips aman saat melakukan bahan bakar kendaraan versi Astra Motor.
Berikut tips #Cari_Aman saat sedang isi bensin, sebagai berikut :

1.      Turun dari Motor Walaupun Tangki di Depan

Tips Mengisi Bensin Aman Ala Astra Motor

Turun dari kendaraan walaupun memiliki tangki didepan pada kendaraan sebaiknya dilakukan demi alasan faktor keamanan. Hal ini karena seperti yang kita ketahui jika bensin adalah bahan bakar yang sangat mudah terbakar, jadi apapun bisa terjadi saat pengisian bensin sedang berlangsung termasuk terjadinya kebakaran. Logikanya, jika kita berada diatas kendaraan saat terjadi kebakaran atau hal yang tidak diinginkan tersebut, maka kita akan sulit menghindar dan menjadi korban terntunya. Lain halnya jika kita turun, maka saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kita dapat langsung mendorong kendaraan atau berlari menyelamatkan diri sehingga terhindar dari musibah yang terjadi.

2.      Mematikan Mesin Kendaraan

Tips Mengisi Bensin Aman Ala Astra Motor

Mematikan mesin saat mengisi bensin juga sangat perlu dilakukan, hal ini karena menyalakan mesin kendaraan saat proses pengisian bensin berlangsung sangatlah berbahaya bahkan dampak terburuknya dapat menimbulkan kebakaran. Hal ini karena bahaya dari aliran listrik statis dari proses pengisian bensin dapat menimbulkan percikan api yang hingga menimbulkan kebakaran tersebut tentunya.

3.      Jangan Memainkan Gadget

Tips Mengisi Bensin Aman Ala Astra Motor

Tips ketiga ialah jangan menggunakan gadget, aturan ini memang menjadi kontroversi bagi sebagian kalangan. Namun, ada yang menyatakan bahwa sebagai alat telekomunikasi, gadget dapat mengeluarkan frekuensi yang tinggi sehingga dapat menimbulkan percikan api.  Ada pula yang menyatakan bahwa penyebabnya ialah lampu LED yang dapat menyebabkan percikan api. Walaupun kontriversi begini, sebaiknya tetap cari aman dengan tidak memainkan gadget saat sedang mengisi bahan bakar bensin di POM ya .

4.      Tutup Tangki Dengan Baik dan Benar

Tips Mengisi Bensin Aman Ala Astra Motor

Kedengarannya sepele, namun menutup tangki dengan baik dan benar setelah mengisi bahan bakar bensin sangatlah penting dilakukan. Bayangkan saja, jika tangki tidak tertutup sudah pasti bahan bakar bensin kita akan sangat cepat habis karena menguap ataupun tumpah. Bahaya lainnya misal bensin yang tumpah dapat tersulut api dan menyebabkan kebakaran. Tentu kita tidak ingin itu terjadi bukan?
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar