Tips Memilih Ban Matic Honda Dengan Kualitas Tahan Lama



BujangAdau – Sebagai pengguna sepeda motor, setidaknya kita harus mengetahui apa-apa saja komponen-komponen yang sangat penting dalam berkendara. Hal ini perlu dilakukan mengingat merupakan suatu standar keselamatan dalam berkendara, lalai sedikit atau juga terjadi human eror ditambah performa dari komponen sepeda motor yang salah tentu dapat menyebabkan hal yang fatal, dapat berupa kerugian materil, bahkan korban jiwa yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa komponen penting yang harus kita ketahui tersebut yaitu ada lima seperti bahan bakar, kelistrikan, mesin, rem dan tidak kalah penting adalah ban. Mengapa ban motor? Karena ban motor adalah salah satu komponen yang bergesekan langsung dengan jalan, salah salah atau bermasalahnya ban motor kita tentu akan menghambat proses kita dalam berkendara tentunya.

Hal ini juga seperti yang dianjurkan oleh Astra Motor dalam memilih ban yang baik sehingga tepat untuk kenyamanan bermotor dengan ban matic dari Honda yang lebih tahan lama tentunya dengan kualitas khas dari Honda. Kini, telah tersedia ban motor Tubeless series type K59 untuk Vario, BeAt dan juga Honda Scoopy yang dapat jadi rekomendasi kamu dalam mengganti ban selanjutnya.

Khusus untuk sepeda motor, terdapat hal-hal yang perlu kita ketahui, berikut tips-tips nya untuk kamu:

                1. Sesuaikan Ukuran Velg Motor

Roda ban motor terdiri atau velg dan juga ban motor, meskipun sepertinya hanya hal kecil dan dianggap sepele kita harus mengetahui ukuran velg sepeda motor kita supaya tidak salah pula dalam memilih ukuran ban yang akan digunakan. Kesalahan dalam hal ini dapat berakibat fatal, ban yang terlalu kecil atau bahkan terlalu besar dari ukuran velg tentu tidak maksimal dan tidak sesuai sehingga dapat mengganggu performanya.

                2. Kompon Ban

Ketika kita membeli sepeda motor, kita juga harus serta memperhatikan kompon ban nya. Setidaknya terdapat tiga jenis kompon ban yaitu kompon keras, kompon lunak dan juga kompon sedang yaitu yang tidak keras dan juga tidak lunak. Walaupun demikian,  kompon-kompon ini pastinya memiliki kualitas dan juga keunggulan yang berbeda dan memiliki standar keamanan yang sama.

                3. Alur Ban

Seperti yang kita ketahui, ban motor memilikialur ban yang mana pada setiap merk dan juga jenis terdapat alur yang berbeda-beda pula. Alur ini berfungsi sebagai pemecah genangan di air saat motor melewati genangan. Alur ban ini biasanya digunakan oleh ban motor depan, sedangkan alur ban belakang lebih cenderung menyamping. Oleh karena itu, jangan salah pilih dalam menentukan alur ban yang cocok untuk alur ban sepeda motor yang kita miliki.

                4. Type Ban

Ban motor terdiri atas dua jenis yaitu ban motor tubetype dan motor tubeless. Tubetype adalah ban motor yang terdiri atas ban luar dan ban dalam  yang umumnya digunakan pada sepeda motor bebek dengan jari-jari. Sedangkan ban motor tubeles adalah ban yang dipasang langsung pada velg motor tanpa menggunakan ban dalam yang biasanya digunakan pada velg racing.

Tubetype memang lebih enteng ketika dibawa berkendara, namun tipe yang satu ini akan mudah kempes saat tertusuk paku dikarenakan permukaan ban ini tipis yang membuat udara lebih mudah keluar. Sedangkan ban tubeless lebih nyaman digunakan terutama pada track yang lurus. Kelebihan lainnya ialah, jenis ban ini tidak mudah kempes walaupun tertusuk oleh benda-benda yang tajam.

Demikanlah tips memilih ban sepeda motor yang dapat kamu coba, jangan sampai salah pilih sehingga mengganggu performa berkendara. Tunggu tips menarik lainnya di Bujangadau.net ya.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar