Rayakan Kemerdekaan RI, 90 Komunitas di Pontianak Selenggarakan Upacara di Sungai Kapuas

Komunitas Blogger Pontianak 

BujangAdau – 17 Agustus merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh bangsa Indonesia, pada hari bersejarah ini semua orang bersuka ria memperingati hari kemerdekaan bangsa setelah ratusan tahun lamanya merasakan perihnya dijajah oleh bangsa lain.

Sejarah mencatat, tepat pada hari Jumat pukul 10.00 pagi di Rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Tanggal 17 Agustus 1945 yang juga bertepatan dengan 17 Ramadhan dilakukan pembacaan teks proklamasi dan kemudian dilanjutkan dengan pengibaran sang saka merah putih yang dijahit oleh Fatmawati serta menjadi bukti bahwa Indonesia telah merdeka.

Tepat pada 17 Agustus 2019 ini, Indonesia memperingati kemerdekaan nya yang ke 74. Berbagai cara dilakukan oleh seluruh masyarakat dalam upaya menyemarakannya. Pemandangan bendera merah putih terpasang hampir dimana saja. Begitu pula dengan perlombaan-perlombaan khas 17-an yang selalu membuat siapa saja rindu karena hanya mendapatkan moment tersebut satu kali dalam satu tahun.
Komunitas Blogger Pontianak 

Cara berbeda dilakukan oleh lebih dari 90 komunitas di Kota Pontianak dalam menyemarakkan hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74 ini. Cara tersebut ialah dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera peringatan HUT RI di tengah Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia menggunakan kapal tongkang.

Kegiatan yang diberi nama Kibarkan Merah Putih di Sungai Kapuas juga semakin meriah dengan hadirnya ribuan peserta yang terdiri dari anggota komunitas yang tergabung serta warga masyarakat Pontianak yang secara antusias datang untuk mengikuti upacara tersebut. Selain pengibaran bendera diatas tongkang atau ponton, hal yang juga menarik ialah dibentangkannya bendera merah putih dari jembatan tol kapuas 1. Tidak cukup sampai disitu, juga ada pentas seni dan budaya, penyerahan dan peresmian pengoperasian kapal wisata serta ditutup dengan tarian jepin melayu yang diikuti oleh ribuan peserta yang hadir.
Persiapan Jepin Melayu
Acara ini dimulai pada pukul 06.00 pagi, hampir seluruh peserta menggunakan pakaian bernuansa merah dan putih menyambut suka cita hari kemerdekaan.

Pembentangan Bendera Merah Putih Dari Jembatan TOL 1

Selain kemeriahan serta suksesnya acara, kebahagiaan juga turut tampak pada raut para penambang sampan yang mendapatkan paket kemerdekaan. Dikutip dari official akun facebook Rumah Zakat Pontianak Kalbar menyatakan bahwa paket tersebut diberikan oleh Rumah Zakat dan berbagai komunitas yang hadir.
Komunitas SADAP Indonesia Merayakan Bersama Anak-Anak Disana
Selamat Ulang Tahun, Indonesia !
Terap Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa !
Indonesia, Damai dan Berdaulat !
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

13 komentar :

  1. keceeee, asyik banget kalau bisa merayakan kemerdekaan dengan rekan-rekan komunitas yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, apalagi yang mengikuti ada lebih dari 90 komunitas. Rame banget

      Hapus
  2. acaranyaa kerennnnnn,jadi terinspirasi

    BalasHapus
  3. Keren banget acaranya diadakan di Sungai Kapuas dan pembentangan bendera di jembatan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, merayakan kemerdekaan dengan cara yang verberb kak

      Hapus
  4. Keren bgt ya kak ..Pasti seru tu banyak komunitas yg trgabung .Sukses ya kak

    BalasHapus
  5. Di Bengkulu belum ada nich agenda kek ginian, next time mga diadakan disini. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, pasti seru tuh kalau diadain disana juga kak

      Hapus
  6. Wah seru banget yaa.. bisa dicoba nih di daerahku. Pasti seru deh nantinyaa

    BalasHapus
  7. Wih, pengibaran bendera di sungai Kapuas, keren ya. Kayaknya tetangganya, alias Banjarmasin bisa ngikutin deh tahun ini. Pengibaran di Sungai Barito sama di Jembatan Barito, hehe

    BalasHapus