Peringati Hari Kartini, Honda Kalbar Edukasi Aman Berkendara Untuk Wanita



Bujangadau - Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia selalu merayakan Hari Kartini. Hal ini dilakukan untuk memperingati serta mengenang perjuangan seorang wanita hebat pada masanya yang juga dikenal sebagai tokoh emansipasi. Jika dirunut dari sejarah, Kartini tidak hanya dinyatakan sebagai wanita pemberani karena praktik poligami. Namun, ia juga mampu menghasilkan sebuah buku dari kumpulan surat yang ia buat.

Sebaagi tokoh emansipasi, tentu banyak perempuan Indonesia saat ini yang mengidolakan beliau. Berkatnya, terjadi kesetaraan antara laki-laki dan perempuan. Perempuan masa kini bebas untuk berkerja dan mengekspresikan diri semampu dan semaksimal dirinya untuk berkembang.

Banyak cara dapat dilakukan untuk memperingati hari Kartini. Biasanya, ibu-ibu berkebaya akan tampak cantik dan menawan merupakan salah satunya. Selain itu, disekolah-sekolah juga sering diadakan kegiatan yang melibatkan seluruh warga sekolah dengan menggunakan pakaian adat atau kebaya bagi para siswinya.

Begitu pula dengan Astra Motor Pontianak, cara unik yang dilakukan seiring dengan terus berkembangnya ilmu komunikasi ialah dengan melakukan live streaming dan memberikan edukasi aman berkendara kepada para perempuan. Hal ini penting dilakukan, mengingat jumlah pengguna kendaraan dari para perempuan juga selalu meningkat kuantitasnya sehingga edukasi sangat perlu dilakukan agar tindak kecelakaan tidak kembali terjadi.

Dalam memperingati hari Kartini 21 April 2020, Honda Kalbar melakukan live IG kembali di akun instagram @honda_kalbar yang bertajuk “Wanita Harus Aman”, Astra motor selalu menyarakan untuk berkendara dengan aman tidak terlupakan khususnya untuk wanita yang harus selalu aman saat berkendara.

Melewati program online Honda Kalbar yang bernama BEDABOL (Bersama Dalam Obrolan Online) Instruktur Safety Riding Honda Kalbar berbagi edukasi sebagaimana mestinya seorang wanita harus mempersiapkan diri agar berkendara dengan aman. Tidak kalah seru juga dalam penyampaian edukasi, istruktur juga berbincang-bincang bersama selebgram pontianak dengan nama akun IG @memedaengg. Selain edukasi, kuis-kuis berhadiah juga dilakukan untuk menyemangati peserta.

Dalam penyampaiannya wanita sebelum berkendara harus memperhatian terlebih dahulu:

1.    Kesiapan kendaraan
  Sebelum berkendara tentunya kita harus mempersiapkan kendaraan dari pemeriksaan kelistrikan, pemeriksaan ban, kepakeman rem, dan bahan bakar. Jangan sampai kita tidak memperhatikan ini karena akan berakibat fatal jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Contohnya Lampu depan mati tiba-tiba saat berkendara malam, ban yang mengalami slip ketika melewati jalan yang licin, rem yang blong ketika melakukan pengereman dan bahan bakar yang habis ketika berkendara.

2.    Riding Gear
Bukan hanya wanita, pria juga wajib menggunakan riding gear ketika berkendara. Gunakanlah riding gear yang lengkap untuk menghindari gesekan ketika terjadi kecelakaan. Riding gear yang wajib digunakan ialah Helm, Jaket, Sarung Tangan, Celana Panjang dan Sepatu.

3.    Barang Bawaan
Biasanya barang bawaan yang dibawa oleh wanita lebih banyak dan bentuknya beragam. Contohnya tas jinjing, pada kenyataanya tas tersebut susah dibawa ketika berkendara. Ketika membawa tas jinjing resiko tas tersebut jatuh sangat besar oleh sebab itu disarankan untuk membawa juga tas gemblok untuk menyimpan terlebih dahulu tas jinjingnya kedalam tas gemblok, atau menaruhnya di dalam jok ketika berkendara. Tidak disarankan menaruhnya di stang motor ketika berkendara karena berisiko kecelakaan.

4.    Mempersiapkan Baju Ganti
Wanita ketika mendatangi acara tentunya menggunakan baju yang menawan, namun menggunakan baju tersebut ketika berkendara sungguh rawan ketika mengalami kecelakaan. Oleh sebab itu disarankan untuk membawa baju pengganti agar aman ketika berkendara.

Wanita harus aman

Salam Satu Hati.
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar