Tips Aman Merawat Motor Pasca Banjir dari Honda



Bujangadau- Sebagai negara tropis yang dipenuhi dengan hutan dan keanekaragaman hayati, budaya serta lain sebagainya, Indonesia dianugerahi  dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Namun, seperti yang kita ketahui kini musim dan cuaca sering tidak menentu datangnya. Seperti contohnya Kalimantan Barat beberapa bulan terakhir, beberapa wilayah di Kalbar dirundung musibah seperti longsor, angin kencang dan juga hujan yang menyebabkan banjir. Beberapa kabupaten kota juga harus menerapkan sistem siaga bencana guna mengantisipasi musibah yang ada.

Banjir tengah terjadi beberapa wilayah di Kalbar, ketinggiannya juga beragam dan terus mengalami kenaikan setiap harinya. Selain perlu mengantisipasi datangnya banjir susulan, banyak warga yang khawatir dengan kendaraan yang baru  saja terkena banjir.

Dengan terjadinya musibah banjir, sejatinya harus membuat kita lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, pentingnya menanam pohon sebagai salah satu cara menyerap air yang alami, tidak membung sampah sembarangan dan lain sebagainya.

Merawat sepeda motor setelah banjir sangat penting dilakukan, seperti yang kita ketahui bahwa sepeda motor menjadi moda transportasi yang membantu kehidupan kita dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan betapa sulitnya jika kita harus berpergian atau berpindah tempat dengan jarak yang cukup jauh tanpa bantuan alat transportasi seperti contohnya sepeda motor. Tentu kita akan mengalami kesulitan bukan?

Pada artikel kali ini, aku akan membagikan tips dari Honda Kalbar bagaimana cara merawat sepeda motor pasca terjadinya banjir.

1.    Jangan langsung hidupkan mesin

Sepeda motor yang baru saja terkena banjir sangat mungkin mesin-mesinnya akan kemasukan air sehingga kita perlu untuk mengeringkan air yang masuk ke dalam mesin sepeda motor yang kita miliki, oleh karena itu janganlah langsung menghidupkan sepeda motor jika baru terendam air karena dikhawatirkan mesin akan mengalami konslet dan menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

2.    Cuci Motor Hindari Karat

Air banjir merupakan perkumpulan dari air yang datang dari berbagai sumber, kita tentu tidak mengetahui jika mungkin saja genangan banjir itu sudah terkontaminasi dengan partikel-partikel yang berbahaya bagi sepeda motor yang kita miliki. Dampak yang sangat mungkin terjadi pada sepeda motor kita setelah tergenang banjir adalah karat, oleh karena penting bagi kita untuk segera mencuci sepeda motor setelah banjir  agar sepeda motor kita tidak menjadi karatan yang dapat mengganggu keindahan atau estetika bodi motor.

3.    Segera Bawa ke Bengkel Resmi

Jika kondisi sepeda motor parah dan sulit untuk ditangani sendiri, sebaiknya yang paling  tepat dilakukan ialah dengan membawa sepeda motor kamu ke bengkel resmi honda yaitu AHASS. Seperti kita ketahui bahwa AHASS merupakan bengkel resmi Honda yang tersertifikasi dengan onderdil-onderdil yang asli dengan harga yang juga terjangkau, selain itu montir dari AHASS juga merupakan orang-orang pilihan yang tentu sangat mumpuni dalam menangani berbagai macam masalah yang ada pada sepeda motor yang kita miliki.

Kembali pada masalah kendaraan pasca banjir, beberapa komponen yang wajib untuk segera diperiksa dari sepeda motor pasca banjir ialah busi, aki, saringan udara dan jalur kelistrikan. Selain itu, jika perlu dilakukan ganti oli mesin, kuras tangki dan cuci injector jika sampai ada yang masuk kedalam mesin dan tangka juga sebaiknya dilakukan agar kerusakan tidak semakin parah dan sepeda motor bisa berfungsi dengan baik kembali.

Demikanlah beberapa tips merawat sepeda motor dari Honda pasca terjadinya banjir, semoga bermanfaat dan memberikan informasi baru bagi kamu. Selain itu, mari kita berdoa agar musibah banjir segera berakhir, amin
Share on Google Plus

About BujangAdau

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar