Pesona Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Yogyakarta

Bujangadau – Berkunjung ke Yogyakarta belum  lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Candi Hindunya yaitu Candi Prambanan. Candi yang mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 ini terletak di Kecamatan Prambanan, Klaten dan Kecamatan Prambanan, Sleman  atau terletak pada perbatasan Jawa Tengah dan DIY.

Pernahkah kamu mendengar tentang cerita cinta Bandung Bondowoso yang ingin melamar Roro Jonggrang namun diberi syarat untuk dibuatkan 1000 candi dalam satu malam? Yup, cerita ini masih terus diingat dan diceritakan hingga kini serta dianggap sebagai asal-usul dibangunnya candi terbesar ini.

Bandung Bondowoso yang meminta bantuan jin dalam membangun candi dikejutkan dengan suara masyarakat menumbuk pada sehingga suasana seolah-olah sudah pagi, hal ini membuat para jin berhenti bekerja sehingga gagal membuat candi ke 1000. Merasa dicurangi, Bandung Bondowoso pun  lantas mengutuk Roro Jonggarang menjadi candi untuk menggenapkannya.

Namun, sejarah mencatat bahwa Candi Prembanan dibangun oleh Rakai Pikatan pada sekitar tahun 850 masehi hingga pemerintahan Raja Lokapala. Namun, seiring dengan kekuasaan Mpu Sindok yang memindahkan kekuasaan kerajaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur membuat candi ini pernah terbengkalai.

Candi Prambanan dibangun sebagai bukti dan persembahan terhadap Trimurti yaitu Brahma, Wishnu dan juga Siwa. Denah lokasi candi ini berbentuk persegi panjang  yang terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran yaitu pelataran luar (Jaba), pelataran tengah (Tengahan) dan pelataran dalam (Njeroan).

Selain dapat berwisata sejarah, terdapat pula beberapa event rutin yang dilaksanakan di Candi Prambanan, misalnya Prambanan Jazz, adapula Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang yang siap menghibur pengunjung. Oleh karena itu, segera cocokkan jadwal liburanmu bersamaan dengan pelaksanaan event menarik tersebut ya.

Fasilitas

Candi yang menawarkan keindahan serta kemegahan sejarah masa  lalu ini juga didukung oleh berbagai fasilititas, terdapat mushola, banyak papan informasi, restoran, gazebo, toilet, golf cart, tempat parkir yang sangat luas, souvenir shop dan yang pastinya ialah tempat foto yang sangat instagramable sehingga membuat liburan semakin menyenangkan.

Tiket Masuk & Jam  Operasional

Biaya tiket masuk Candi Prambanan yaitu Rp.40.000 untuk orang dewasa dan Rp.20.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanaegara ialah 25 USD. Sedangkan untuk jam operasional candi ini ialah buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Nah, itu dia informasi singkat tentang Candi Prambanan. Jika berkunjung, silahkan untuk mengabadikan foto pada spot terbaik. Namun, jangan mengotori dan merusak fasilitas yang ada. Selamat berlibur !

Tidak ada komentar