Pesona Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Yogyakarta

Bujangadau – Berkunjung ke Yogyakarta belum  lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Candi Hindunya yaitu Candi Prambanan. Candi yang mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991 ini terletak di Kecamatan Prambanan, Klaten dan Kecamatan Prambanan, Sleman  atau terletak pada perbatasan Jawa Tengah dan DIY.

Pernahkah kamu mendengar tentang cerita cinta Bandung Bondowoso yang ingin melamar Roro Jonggrang namun diberi syarat untuk dibuatkan 1000 candi dalam satu malam? Yup, cerita ini masih terus diingat dan diceritakan hingga kini serta dianggap sebagai asal-usul dibangunnya candi terbesar ini.

Bandung Bondowoso yang meminta bantuan jin dalam membangun candi dikejutkan dengan suara masyarakat menumbuk pada sehingga suasana seolah-olah sudah pagi, hal ini membuat para jin berhenti bekerja sehingga gagal membuat candi ke 1000. Merasa dicurangi, Bandung Bondowoso pun  lantas mengutuk Roro Jonggarang menjadi candi untuk menggenapkannya.

Namun, sejarah mencatat bahwa Candi Prembanan dibangun oleh Rakai Pikatan pada sekitar tahun 850 masehi hingga pemerintahan Raja Lokapala. Namun, seiring dengan kekuasaan Mpu Sindok yang memindahkan kekuasaan kerajaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur membuat candi ini pernah terbengkalai.

Candi Prambanan dibangun sebagai bukti dan persembahan terhadap Trimurti yaitu Brahma, Wishnu dan juga Siwa. Denah lokasi candi ini berbentuk persegi panjang  yang terdiri atas halaman luar dan tiga pelataran yaitu pelataran luar (Jaba), pelataran tengah (Tengahan) dan pelataran dalam (Njeroan).

Selain dapat berwisata sejarah, terdapat pula beberapa event rutin yang dilaksanakan di Candi Prambanan, misalnya Prambanan Jazz, adapula Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang yang siap menghibur pengunjung. Oleh karena itu, segera cocokkan jadwal liburanmu bersamaan dengan pelaksanaan event menarik tersebut ya.

Fasilitas

Candi yang menawarkan keindahan serta kemegahan sejarah masa  lalu ini juga didukung oleh berbagai fasilititas, terdapat mushola, banyak papan informasi, restoran, gazebo, toilet, golf cart, tempat parkir yang sangat luas, souvenir shop dan yang pastinya ialah tempat foto yang sangat instagramable sehingga membuat liburan semakin menyenangkan.

Tiket Masuk & Jam  Operasional

Biaya tiket masuk Candi Prambanan yaitu Rp.40.000 untuk orang dewasa dan Rp.20.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk wisatawan mancanaegara ialah 25 USD. Sedangkan untuk jam operasional candi ini ialah buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Nah, itu dia informasi singkat tentang Candi Prambanan. Jika berkunjung, silahkan untuk mengabadikan foto pada spot terbaik. Namun, jangan mengotori dan merusak fasilitas yang ada. Selamat berlibur !

34 komentar

  1. Dulu jaman masih mahasiswa di Jogja kalo ke candi Prambanan bayarnya masih murah banget. Keliatan umur yah. 😅

    BalasHapus
  2. Udah buka lagi ya Candi Borobudur? Duh terakhir aku ke sini dua tahun lalu sebelum negara api menyerang hihi

    BalasHapus
  3. Saat ke Jogja, saya belum sempat mampir ke candi Prambanan hanya bisa melihatnya saja dari luar. Pengen banget sebenarnya masuk untuk melihat candi ini sayangnya waktu itu diburu waktu

    BalasHapus
  4. saya selama tinggal di Jogja 3 tahun itu cuman 2 x ke sini gara-gara penelitian hehehe, dalamnya enak banget adem dan bikin betah buat pefotoan ya Ka, jadi kangen Yogya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu, aku juga jadi kangen sama Jogja nih

      Hapus
  5. oemjiii, pengen banget ke jogjakartaa, aku belum pernah ke sana ih, maret lalu rencananya pengen ke sana tapi mau nggak mau muncur karena pandemic hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa, pengen ke sana malah kena pandemi huhu

      Hapus
  6. Saya orang Jogja tapi jarang kesini. Tiap kesini selalu pas ada event aja. Btw yang paling berkesan buat saya adalah saat nonton Sendratari Ramayana dimana panggungnya berlatarbelakang candi Prambanan. Cantikkk banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh seru dan keren banget pasti tuh ya kak

      Hapus
  7. Udah lama banget ga ke candi Prambanan, terakhir pas SD! HTM nya mirip kayak HTM candi Borobudur ya 😃

    BalasHapus
  8. Hwaa awal tahun 2020 ini ke Jogja sekeluarga gak sempet ke Candi Prambanan ini. Insyaallah kl pandemi udah agak reda pingin ke sini ah

    BalasHapus
  9. Duuh, lama banget gak main ke Prambanan. Terakhir tahun 2012 ketika tiket masih 30 ribu. Sekarang naik ya jadi 40🙈

    Sudah lama gak Yogja, main aah!

    BalasHapus
  10. Wah asyik banget ya udah ke sini huhu aku belum pernah masuk sih cuma lihat dari kejauhan aja itu juga beberapa tahun lalu. Semoga aja bisa ke sana sama keluarga juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tiap ke Jogja aku pasti ke candi-candian kak

      Hapus
  11. HTM nya yang terjangkau sangat asik untuk berwisata sejarah ke sana. Daku terakhir waktu study tour SMU. Semoga bisa berkesempatan lagi ke sana

    BalasHapus
  12. Wah udah lama banget gak ke Prambanan euy...Pengen banget kesini lagi..selain tempatnya keren, harga tiket murah, edukasi juga dapet banget kalo jalan-jalan ke tempat bersejarah seperti ini ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bisa belajar sekaligus jalan-jalan

      Hapus
  13. Sudah lama banget nih enggak jalan-jalan. Candi Prambanan ini beda banget ya dari bentuknya dibandingkan dengan Borobudur karena pengaruh kebudayaan masing-masing yang melatarbelakanginya berbeda sekali. Yang satu Hindu, satunya lagi Budha.

    BalasHapus
  14. aku belom pernah nih ke candi prambanan, pernahnya ke candi borobudur ajaaaa.. Jadi pengan kesini ajak anak anak juga niiih

    BalasHapus
  15. Huah, aku belum pernah mampir ke Candi Prambanan, uhuk. Padahal tahun lalu sempat lewat, karena ada kerjaan juga sih jd ndak sempat mampir moga aja dalam waktu dekat bisa kesana amiin.

    BalasHapus
  16. Kangen banget buat nonton pagelaran ramayana di prambanan, suasana magisnya masih kerasa sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, udah paling bener kalau itu sih kak

      Hapus
  17. Selalu gak bosan kalo pas ke Jogja mampir ke Prambanan juga, bahkan waktu maaih kuliah di Jogja sering banget ke Prambanan sekalian praktek tugas matakuliah dari dosen..

    BalasHapus