Mengunjungi Pintu Gerbang Kerajaan Majapahit, Gapura Wringin Lawang

Berfoto didepan Gapura Wringin Lawang

Bujangadau - Keindahan Gapura Wringin Lawang Pintu Gerbang Kerajaan Majapahit - Kurang lebih satu Minggu saya di Jawa Timur digunakan untuk bersenang-senang dan mengunjungi banyak destinasi menarik tentunya. Menggunakan transportasi umum yaitu bis yang melewati jalur utama Mojokerto-Jombang. 

Saya berhenti dan menginap disebuah hotel sederhana di Trowulan. Keesokan harinya, menggunakan ojek pangkalan yang telah di chater sebelumnya, saya berkeliling Trowulan, terutama tempat-tempat bersejarahnya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Gapura Wringin Lawang menjadi salah satu destinasi yang masuk dalam wishlist. Bersama dua teman dan tiga tukang ojek yang sangat ramah kami menuju Gapura Wringin Lawang. Gapura ini terletak di Dukuh Wringin Lawang, Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Gapura ini merupakan Gapura yang disebut-sebut sebagai pintu masuk dari Kerajaan Majapahit. Terdiri dari dua suku kata yaitu Wringin yang artinya beringin dan juga Lawang yang berarti Pintu, jika digabungkan mana Wringin Lawang berarti Gapura yang berbentuk seperti pintu.  Konon, dahulu juga terdapat pohon beringin besar didekat Gapura ini saat baru pertama ditemukan.

Keindahan Gapura Wringin Lawang

Keindahan Gapura Wringin Lawang

Seluruh bagian dari bangunan Gapura ini terbuat dari bata merah, memiliki bentuk persegi dengan susunan bata merah dan berbentuk piramida pada sisi atapnya. Gapura ini tidak memiliki atap, Konon, Gapura ini adalah merupakan  pintu menuju salah satu kota Majapahit pada zaman dahulu.

Selama berkunjung disana, saya tidak menemukan relief-relief pada bangunan Gapura, namun terdapat tempat peletakkan sesajen yang hingga saat ini masih sering didatangi dan dijadikan tempat berdoa bagi sebagian pengunjung.

Keindahan Gapura Wringin Lawang

Saat ini, kondisi Gapura Wringin Lawang sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekomendasi yang harus dikunjungi saat berkunjung ke Mojokerto. Selain indah karena adanya Gapura tersebut, penataan taman dan kebersihan juga cukup baik. Saat saya berkunjung, tampak wisatawan tidak hanya dalam negeri saja yang mengunjugi objek ini, lain diantaranya beberapa rombongan dari India juga datang dan berswafoto disana..

Jika ke Trowulan-Mojokerto, jangan lupa berkunjung dan nikmati keindahan lokasi wisata bersejarah peninggalan Majapahit yang luar biasa.

Tidak ada komentar