Jaga Taman Kota dengan Bersih-Bersih Bersama

Ilustrasi : Membersihkan Sampah


Bujangadau
- Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal wajib yang harus selalu dilakukan seiring dengan semakin tingginya pemanasan global serta efek rumah kaca saat ini. Walaupun demikian, bentuk antisipasinya harus dilakukan mulai dari hal yang terkecil yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan dilanjutkan dengan hal-hal yang lainnya.

Saat ini, sampah menjadi sesuatu yang meresahkan. Selain dapat membuat estetika menjadi kurang sedap dipandang, sampah juga dapat menyebabkan bau yang tidak nyaman pula. Dalam efek besar, sampah dapat mencemari lingkungan dan bahkan berdampak pula pada pengaruh ozon.

Semakin hari, populasi manusia dibumi semakin banyak. Tentu, hal ini membuat kuantitas sampah juga semakin bertambah setiap harinya. Selanjutnya yang menjadi permasalahan ialah belum semua orang sadar bahwa sampah adalah hal yang membahayakan. Banyak yang acuh dan abai hingga membuangnya sembarangan.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan kuantitas penyumbang sampah terbesar di dunia dari ragam sektor. Baik sampah plastik, sampah makanan, sampah rumah tangga dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, penting untuk sadar dan mengantisipasi masalah sampah ini mulai dari sekarang.

Walaupun demikian, kini juga ada orang-orang yang peduli akan kelangsungan lingkungan. Turut hadir komunitas-komunitas lingkungan yang punya kesadaran dan melakukan aksi-aksi nyata dalam rangka memberikan edukasi serta turun langsung menjaga kelangsungan hidup agar aman dari sampah.

Kesadaran ini tentu tidak hanya dimiliki oleh komunitas lingkungan saja. Satu yang lain misalnya komunitas Honda yang ada di Pontianak, Kalimantan Barat. Selasa bulan Februari 2021 Komunitas HSFCI (Honda Street Fire Club Indonesia) Chapter Pontianak melakukan bakti sosial yang bertujuan menjaga kebersihan taman di kota Pontianak dengan menempatkan tong sampah di taman beralamat Jalan Paris 2 Komplek Whana Bhakti 2.

Komunitas Honda saat Menyerahkan Tong Sampah

Tong sampah adalah tempat yang sepele, namun jika tidak ada akan berdampak pada hal yang lebih besar. Penempatan tong sampah dilakukan  di taman dengan alamat jalan Paris 2 Komplek Whana Bhakti 2 oleh komunitas Honda HSFCI Chapter Pontianak bertujuan agar kota pontianak selalu terlihat bersih dan semoga tempat sampah ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar.

Berkerjasama dengan Astra Motor Kalimantan Barat dalam meciptakan taman yang indah Komunitas HSFCI berkoordinasi dengan RT/RW dalam memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar.

Budi selaku ketua RT Jalan Paris 2 Komplek Whana Bhakti 2 Pontianak mengungkapkan dengan menciptakan taman yang memiliki fasilitas yang memadai membuat masyarakat sekitar nyaman saat berkunjung ke taman," Menciptakan taman yang indah dengan Fasilitas yang memadai tentunya masyarakat akan nyaman saat berkunjung ke taman" Tuturnya.

Marun selaku member Komunitas HSFCI (Honda Street Fire Club Indonesia) mengungkapkan dengan adanya fasilitas ini semoga masyarakat sekitar merasa nyaman dan dapat memanfaatkannya dengan baik serta selalu menjaga kebersihan taman," Kami komunitas HSFCI berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ditaman saat berkunjung dan selalu mengaja kebersihan taman" tuturnya.

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan bakti sosial yang dilakukan oleh komunitas Honda Street Fire Club Indonesia Chapter Pontianak sangat bermanfaat Komunitas yang dibentuk dengan mengangkat aspek kekeluargaan dan melakukan kegiatan yang positif Astra Motor Kalimantan Barat selalu mendukung kegiatan tersebut, "Kami mendukung kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh komunitas HSFCI Chapter Pontianak yang bertujuan menjaga kebersihan lingkungan, semoga masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia di taman" Tuturnya.

Demikianlah aksi nyata Komunitas Honda dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. Semoga kesadaran semacam ini dapat diterapkan oleh lebih banyak orang sehingga permasalahan tentang sampah dapat teratasi.

Tidak ada komentar