Kuis Sejarah - Cerita Pendek

Kuis Sejarah - Cerita Pendek

Pada suatu hari , saat jam istirahat terjadilah perbincangan antara Alsan dan Helmi. Mereka tampak gelisah. "Apakah kau sudah mempelajari materi untuk kuis sejarah nanti?" tanya Alsan. 

"Belum, aku belum mempelajarinya. Apakah kau mengerti dengan materi yang diberikan pak Candra minggu lalu?" tanya Helmi. "Tidak, aku tertidur dibangku belakang." Jawab Alsan. 

"Sama aku juga" jawab Helmi yang bernasib sama dengan Alsan. "Kudenhar dengar dari kelas yang sudah melakukan kuis, yang tidak dapat menjawab akan dikeluarkan dari kelas selama 3 kali pertemuan." kata Helmi. 

"Benarkah?! Aduh bagaimana ini." bimbang Alsan.

Tidak jauh dari mereka duduk lewatlah Putri dan Nabila teman sekelasnya. "PUTRI!! NABILA!!" panggil Alsan. Lalu Alsan mengajak Helmi menghampiri Putri dan Nabila. "Iya, ada apa?" tanya Nabila. 

"Apakah kalian sudah mempelajari materi sejarah?" tanya Alsan. " Tentunya sudah" jawab Putri. "Bisakah kalian jelaskan materi Sejarah kepada kami?" pinta Alsan. "Kenapa? Bukankah pak Candra sudah menjelaskannya minggu lalu?" curiga Nabila. "Iya kami tau. 

Cuma, kami tidak memahami dan mencatat materi tersebut" tutut Helmi. "Dasar kalian, aku ringkas saja ya. Kalian catat ini" perintah Putri.

 Lalu mereka masuk ke kelas dan mengambil alat tulis. "Baiklah, catat ini. Jadi pak Candra minggu lalu hanya menjelaskan tentang penyebab Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Penyebab Perang Dunia 1 adalah terbunuhnya putra mahkota Austria, Franz Ferdinand. Kubu pertama perang ini adalah Blok Sentral yang mencangkup Jerman, Austria, dan Turki. 

Kubu kedua adalah Blok Sekutu yang mencangkup Prancis, Inggris, Rusia, Italia, Jepang, dan Amerika Serikat. Perang Dunia 1 merupakan perang antar negara untuk memperebutkan sumber daya alam. Perang ini menewaskan 20 juta orang, bbaik warga sipil maupun militer. Perang ini terjadi selama 4 tahun dari tahun 1914 hingga 1918. Perang Dunia 2 dipicy oleh invasi Jerman ke Polandia. 

Kubu pertama adaalah Blok Poros mencangkup Jerman, Jepang, dan Italia. Kubu kedua adalah Blok Sekutu mencangkup Prancis, Inggris, Amerika Serikat, Uni Soviet dan China. Perang Dunia 2 ini merupakan perang antar ideologi, seperti fasisme dan komunisme. Perang ini menewaskan 60 juta orang dan ribuan orang kelaparan. Perang ini terjadi selama 6 tahun dari tahun 1939 hingga 1945." Jelas Putri kepada Alsan dan Helmi.

 Tidak lama dari itu istirahat pun selesai dan para murid sudah masuk ke kelas masing masing. Pelajaran Sejarah pun dimulai pak Candra mulai mengabsen murid satu per satu. Lalu kuis pun dimulai kuis dilakukan secara acak dan untungnya Alsan dan Helmi dapat menjawab pertanyaan tersebut berkat Putri dan Nabila.

Ditulis oleh : Harnum M (XI IPS 1) SMAN 1 Pontianak

Proyek MID Semester Sejarah Minat Materi PD 1 dan PD 2

Tidak ada komentar