Pentingnya Merawat Bearing Roda Sepeda Motor

 Pentingnya Merawat Bearing Roda Sepeda Motor

Bujangadau - Kamu harus sering-sering merawat kendaraan bermotor yang kamu miliki, hal ini sangat penting dilakukan mengingat performa motor dapat dirasakan jika perawatannya baik dan benar. Jangan sampai terjadi sesuatu dan lain hal yang tidak kita inginkan karena jarang merawat sepeda motor yang kita punya. Jika sudah terlanjur parah, bisa jadi pengeluaran akan lebih membengkak karena terlalu banyak yang harus diperbaiki.

Salah satu komponen yang harus sering dalam dicek dari sepeda motor yang kamu punya ialah bearing sepeda motornya.

Penting untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan bearing roda sepeda motor secara rutin, supaya potensi terjadinya kerusakan pada komponen penghubung antara As roda dan tromol tersebut dapat dicegah. Permasalahan yang muncul akibat kerusakan bearing tak cuma menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, tapi juga berpotensi menumbulkan bahaya. Karena jika bearing bermasasalah atau rusak, ban akan terasa oleng dan motor akan sulit dikendalikan.

Gejala oleng tersebut tak cuma dirasakan oleh pengendara saja, tapi juga penumpang belakang. Untuk mencegah kondisi tersebut, berikut beberapa langkah perawatan dan pemeriksaan bearing ban sepeda motor:

1. Goyangkan Roda Ke Kiri dan Ke Kanan

Lakukanlah pemeriksaan setiap 4000 KM atau sesuai buku panduan pemilik sepeda motor. Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan cara mengoyangkan ban ke kiri dan kanan. Jika roda terasa goyang atau oblak, maka bearing ban motor sudah rusak. Perlu diketahui, bearing roda sepeda motor yang rusak tidak bisa diperbaiki. Jadi bila mengalami kerusakan maka harus segara diganti dengan yang baru.

2. Hindari Menerjang Jalanan Rusak

Saat motor melintasi jalan rusak, speed trap atau lubang di kecepatan tinggi, bearing akan mendapat tekanan berlebih. Hal itu akan mengakibatkan kerusakan pada bentuk dan tingkat presisi bearing. Jika itu terjadi, roda akan terasa oleng, pengendalian tak stabil dan stang sulit dibelokkan ke kiri dan ke kanan. Bukan cuma jadi tak nyaman, tapi juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Jika kemudi sepeda motor Brosis terasa oleng atau pengendalian kemudi dirasa tidak stabil disarankan untuk melakukan servis di AHASS terdekat agar dapat di periksa oleh teknisi Honda berpengalaman. apabila diketahui penyebabnya berhubungan dengan bearing, maka beberapa hal yang akan dilakukan pengecekan diantaranya yaitu

Periksa Karet Tutup Pelindung

Kondisi bearing akan diperiksa oleh teknisi dan dapat dilakukan penindakan apabila kondisi sudah kurang baik karena apabila karet tutup pelindung mulai getas atau rusak, bearing berpotensi kemasukan debu dan air. Debu yang masuk bisa mengganggu pergerakan bola baja dan air berpotensi membuat komponen cepat berkarat.

Penggunaan Pelumas Yang Tepat

Pemeriksaan pelumas pada bearing juga dilakukan karena untuk melancarkan pergerakan tiap komponen yang saling bergesekan.

Penggantian Bearing Yang Rusak

 Jika bearing harus diganti, maka gunakanlah Honda Genuine Part yang kualitasnya sudah teruji. Disamping ini merupakan ilustrasi low friction bearing Honda Genuine Parts dengan dengan material cage yang terbuat dari polyamide berkualitas tinggi (bukan metal) sehingga tingkat gesekan rendah, putaran menjadi lancar dan hemat energi.

Hal itu untuk mencegah terjadinya kesalahan pemasangan saat melakukan penggantian bearing sendiri. Karena jika terjadi kesalahan pemasangan akan membuat kondisi motor jadi makin parah dan biaya yang dikeluarkan tentu jadi lebih besar.

Jadi jangan ragu untuk memercayakan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor kesayangan kepada  mekanik andal dan berpengalaman di bengkel AHASS agar motor selalu dalam kondisi prima.

Sampai disini dulu tips merawat bearing sepeda motor kali ini, semoga bermanfaat dan menambah kesadaran untuk lebih sering merawat sepeda motor kamu ya.

Tidak ada komentar