Generasi Cari Aman Astra Motor Kalimantan Barat


Astra Motor Kalimantan Barat melakukan edukasi safety riding kepada siswa/i SMK Bina Utama Pontianak. Memberikan edukasi safety riding bagaimana agar cari aman dan menjadi generasi #Cari_Aman, dengan tema mengenal jenis-jenis standarisasi helm banyak dari peserta yang turut ikut dalam berdiskusi dengan seru terkait keselamatan berkendara hingga penyampaian pendapat mereka terhadap keselamatan berkendara.

Sosialisasi yang dilakukan Astra Motor Kalimantan Barat merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap siswa/i terkait keselamatan berkendara, yang sedari awalnya diantara mereka menganggap bahwa menggunakan riding gear membuat gerah, susah bergerak hingga tidak keren dirubah pandangannya bahwa menggunakan riding gear itu aman dan keren atau Safety and Style.

Edukasi Safety Riding yang diberikan ialah dengan tema mengenal jenis-jenis standarisasi helm yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama peserta dan Instruktor Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat hingga ujian yang menunjukan kepahamannya tentang Cari Aman ketika berkendara.           

Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan edukasi safety riding yang diberikan kepada peserta Siswa/i SMK Bina Utama Pontianak untuk membuat mereka Cari Aman dengan edukasi yang bertema mengenal jenis-jenis standarisasi helm,

“Astra Motor Kalimantan Barat memberikan edukasi Safety Riding kepada peserta edukasi agar mereka Cari_Aman terkait keselamatan berkendara dengan mengenal jenis-jenis standarisasi helm membuat dirinya dan orang lain tetap aman saat berkendara” Tuturnya.

Agar senantiasa dapat terus cari aman, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

Cek Kondisi Kendaraan 

Tips pertama yakni memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi baik. Pastikan semua bagian motor berfungsi. Akan lebih baik jika Anda membawa suku cadang yang diperlukan selama di perjalanan.

 

Kenakan Perlengkapan Keselamatan 

Tips ini sebenarnya belaku untuk berkendara jarak jauh atau pun jarak pendek. Perlengkapan keamanan yang harus digunakan yaitu masker, helm, jaket, sarung tangan, sepatu, celana panjang, dan pakaian yang nyaman. 

 

Jaga Jarak dengan Pengendara Lain 

Dalam berkendara anda juga harus memperhatikan jarak dengan pengendara lain. Dengan menjaga jarak, risiko kecelakaan bisa diminimalisasi. Langkah untuk menjaga jarak bisa dilakukan jika kecepatan berkendara diatur dengan baik.

 

Fokus dalam Berkendara 

Tips berikutnya yaitu harus fokus. Perjalanan jarak jauh membutuhkan waktu yang lama dan menguras energi. Untuk itu harus menjaga stamina agar tetap fokus. Jika merasa lelah saat berkendara, beristirahatlah terlebih dahulu di rest area. 

 

Patuhi Rambu Lalu Lintas 

Mematuhi peraturan lalu lintas merupakan keharusan baik berkendara jarak jauh atau jarak dekat. Dengan mematuhi rambu lalu lintas, Anda tidak hanya menjaga keselamatan diri sendiri tetapi juga menjaga keselamatan orang lain

 

Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor Matic Jenis motor saat ini semakin beragam, salah satunya motor matic. Motor ini nyaman untuk digunakan dan mudah. Namun saat berkendara jarak jauh dengan motor matic ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

 

Cek Kondisi Belt CVT 

Belt CVT (Continous Variable Transmission) merupakan komponen penting di motor matic. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan belt CVT dalam kondisi yang baik. Belt ini biasanya mengalami penurunan standar jika terlalu lama dipakai tanpa perawatan yang rutin. Belt yang sudah tidak sesuai standar akan mengurangi kenyamanan berkendara dan berisiko menyebabkan kecelakaan.

 

Cek Kondisi Ban 

Tidak hanya di motor matic, ban memang menjadi komponen pada kendaraan bermotor yang sangat penting. Namun karena anda hendak berkendara jarak jauh maka kondisi ban yang bagus harus diperhatikan. Jika ban sudah halus, sebaiknya ganti dengan ban baru. Dan pastikan juga ban terisi angin sesuai dengan standar. 

 

Periksa Rem 

Tips berkendara jarak jauh dengan motor matic selanjutnya yakni pastikan rem kendaraan anda berfungsi dengan baik. Lihat kondisi minyak rem dan kampas, pastikan keduanya dalam kondisi yang baik. Segera lakukan perbaikan jika terjadi kerusakan. 

 

Cek Fungsi Lampu 

Lampu juga menjadi bagian dari motor lainnya yang harus diperhatikan. Bukan tidak mungkin anda akan berkendara di malam hari, maka dari itu lampu yang terang menjadi cara untuk menghindari kecelakaan.

Tidak ada komentar