Astra Motor Serahkan Hewan Kurban Peringati Hari Idul Adha


Umat Islam diseluruh dunia baru saja menyelenggarakan perayaan hari besar agama yang dikenal dengan Idul Adha. Idul Adha merupakan hari yang bersejarah karena menyimpan banyak pembelajaran dan nilai-nilai baik yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan.

 Idul Adha biasa diwarnai dengan penyembelihan hewan kurban. Pelaksanannya juga dilakukan setelah solad idul adha dilaksanakan dengan menyembelih kambing, sapi, atau hewan ternak yang dianjurkan untuk disembelih. Sebuah hal dan perintah yang amat berat mengingat Ibrahim telah lama mendambakan seorang anak dan setelah cukup dalam usia justru diperintahkan untuk disembelih sebagai tanda kecintaan kepada Tuhannya.

Singkat cerita, karena ketaqwaan Ibrahim dan juga persetujuan dari sang anak yaitu Ismail. Mereka lantas berencana untuk melaksanakannya. Nabi Ibrahim membaringkan sang anak Ismail sembari berserah diri kepada Allah, namun keajaiban terjadi sehingga berubahlah sosok Ismail secara seketika digantikan oleh binatang yang dapat disembelih.

Melaksanakan kurban masih terus dilanjutkan hingga kini. Setiap perayaan idul adha, pemeluk agama Islam yang mampu dalam pelaksanaannya melaksanakan ibadah kurban sebagai bentuk kecintaan terhadap Tuhan dan sesama manusia.

Hewan kurban yang telah disembelih akan dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya. Sebuah bentuk kepedulian melalui cara membagikan daging kurban seperti ajaran-ajaran baik dalam agama yang harus senantiasa dilaksanakan kapanpun dan dimanapun.

Dalam Islam, berkurban adalah sebuah anjuran untuk dilaksanakan. Terdapat sebuah riwayat Imam Bukhari yang menyebutkan “Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa menyembelih hewan kurban sebelum salat (idul adha) maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya sendiri, dan barang siapa menyembelih kurban setelah satat (idul adha) dan dua khutbah, sesungguhnya ia telah menyempurnakan ibadah, dan ia telah menjalani aturan Islam,”.

Sejarah berkurban berawal dari mimpi yang terjadi pada Nabi Ibrahim yangmana dalam mimpinya berisi perintah dari Allah untuk menyembelih anak yang sangat ia sayangi yaitu bernama Ismail

Memperingati hari raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022, Astra Motor Kalimantan Barat sebagai Main Dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Kalbar turut serta menyerahkan hewan kurban kepada masjid di sekitar kantor Main Dealer. Penyerahan dilakukan Jum’at tanggal 08 Juli 2022 oleh perwakilan Tim Astra Motor kepada panitia pengurus Masjid As Salam.

Penyerahan hewan kurban diwakilkan oleh Team CSR Astra Motor Kalbar dan turut dilakukan juga oleh jaringan dealer dan Warehouse secara serentak dimasing-masing area. Tercatat beberapa ekor kambing kurban diserahkan kepada masjid sekitar ring 1 area dealer.

Perwakilan dari Astra motor Kalbar yaitu Siti Rahayu menyampaikan bahwa, kegiatan ini konsisten dilakukan  oleh Astra motor Kalbar setiap tahunnya sebagai bentuk aksi sosial kepada masyarakat dengan harapan dapat bermanfaat bagi warga sekitar wilayah perusahaan. Oleh karena itu, dengan adanya semangat Sinergi Bagi Negeri, Astra Motor bekerja sama dengan masyarakat melakukan beragam aktivitas yang berguna bagi sesama.

Kepala wilayah Astra Motor Kalimantan barat, Lukas Ferinata mengatakan bahwa dengan Semangat Satu Hati, semoga kita dapat terus saling berbagi, membantu dan menjalin kebersamaan antar insan Astra dan masyarakat. Nantinya penyerahan daging kurban ini akan didistribusikan ke masyarakat sekitar.

“kami juga pastikan hewan kurban yang diserahkan bebas penyakit, sehat dan tidak cacat sesuai kriteria,kualitas serta sesuai syariah,” ungkap Lukas.

Demikianlah keterlibatan Astra Motor dalam perayaan idul adha tahun ini. Sebuah bentuk kepedulian bagi sesame melalui hewan kurban yang diberikan. Semoga menjadi berkah dan kebaikan bagi semua umat dialam raya.

Tidak ada komentar