Mengenal Astra Motor Kalbar dan Kontribusinya di Bumi Khatulistiwa





Tentu sebagian besar dari kita sudah tidak asing dengan merk sepeda motor Honda. Merk ini sudah sangat familiar dan produknya banyak digunakan oleh banyak masyarakat dari berbagai latarbelakang dimanapun berada. Hal ini tentu didukung dengan kualitas yang baik sehingga kepercayaan mengalir dan membuat produk Honda menjadi yang utama dipasaran, termasuk di Kalimantan Barat.  Astra Motor Kalimantan Barat menjadi yang kerap didengar para konsumen Honda. 

Lantas apakah itu Astra Motor Kalbar?   

Astra Motor Kalbar merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang otomotif. Sesuai dengan namanya, tentu perusahaan ini berada di Provinsi Kalimantan Barat dan merupakan bagian dari Astra International yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang otomotif serta keuangan.  Sejarah Astra Motor Kalbar Sebagai perusahaan otomotif yang besar, Astra Motor Kalbar tidak begitu saja ada. Terdapat sejarah dan proses panjang sehingga kiprahnya besar dan dikenal oleh masyarakat Kalbar pada umumnya hingga saat ini. Awalnya, perusahaan ini dibangun dengan tujuan memasarkan dan mendistribusikan sepeda motor Honda di Kalbar. 

Tahun 2000, PT. Astra International, Tbk – Honda membuka kantor perwakilan di Kalbar sebagai main dealer meliputi penjualan di Provinsi Kalbar.  Tahun 2000 tentu dilalui dengan proses yang panjang. Termasuk bagi Astra Motor Kalbar yang baru memulai karir perusahaannya. Tidak hanya dalam aspek ekonomi secara umum, pasar otomotif juga masih dapat dikatakan kecil juga terbatas. Hal ini menyebabkan persaingan dalam penjualan sepeda motor juga sangatlah sengit. Namun, hal ini tidak membuat Astra Motor Kalbar menyerah. 

Terus berbenah dan memperbaiki segala sesuatunya serta memberi layanan dan kualitas yang unggul sehingga membuat kepercayaan masyarakat tumbuh dan menjadikan produk Honda senantiasa selalu menjadi pilihan utama.  Melalui kualitas yang unggul serta layanan yang prima ini pula yang membuat pangsa pasar sepeda motor Honda terus naik dari tahun ke tahun. Bahkan hingga saat ini, produk-produk Honda terus menjadi pilihan dan merajai tingkat penjualan sepeda motor tidak hanya di Kalbar namun juga Indonesia pada umumnya.  

Siapapun percaya bahwa konsistensi akan berbuah manis. Begitu pula dengan Astra Motor Kalbar yang kemudian terus tumbuh dan berkembang pada tahun-tahun selanjutnya. Dari pertumbuhan yang pesat tersebut membuat Astra Motor Kalbar kemudian melalukan ekspansi agar Honda semakin dekat dengan masyarakat. Ekspansi yang dilakukan terbukti membawa Astra Motor Kalbar semakin dikenal dan lebih mudah dalam menjangkau produsen serta semakin maksimal dalam proses pemberian layanan yang lebih optimal.  

Astra Motor Kalbar dan Kontribusinya  

Tidak hanya berfokus pada profit semata, Astra Motor Kalbar juga senantiasa memberikan manfaat bagi masyarakat di Kalimantan Barat. Hal ini turut diimplementasikan melalui diluncurkannya program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tujuan dapat berkontribusi dalam hal pembangunan masyarakat khususnya yang ada di Kalbar.  

Melalui program CSR ini kemudian membuat berbagai hal sosial terus berlangsung. Beberapa diantaranya seperti pemberian beasiswa pendidikan, penanaman pohon, bantuan sarana olahraga dan seni lokal dan masih banyak lagi. Bahkan, komitmennya juga begitu besar dalam rangka menjadi mitra berkelanjutan dalam pembangunan aspek sosial serta ekonomi di Kalbar. 

Tergabung dalam Astra International juga membuat Astra Motor Kalbar begitu konsisten dalam terciptanya lingkungan yang bersih, aman, nyaman bagi masyarakat. Hal ini dilakukan dengan terus mengadopsi praktik bisnis yang ramah lingkungan guna tercipta kelestarian lingkungan yang ramah dan bertanggungjawab. Berbagai kontribusi Astra Motor Kalbar juga terus berlanjut hingga saat ini. Menjadi mitra masyarakat dalam berbagai hal dan praktik baik yang dilakukan secara bersama-sama.

Tidak ada komentar