SMANSA MANIA: 11 Tahun Sandang Juara Best Supporter Honda DBL West Kalimantan

SMANSA MANIA 


Apalah arti sebuah pertandingan tanpa adanya penonton dan supporter? Tentu akan sepi dan senyap serta kurang menimbulkan gairah dalam berkompetisi. Oleh karenanya, hadirnya penonton serta pendukung atau supporter sangatlah penting adanya. 

Tidak hanya sebagai periuh, sorak sorai dan beragam koreografi terbukti dapat menghidupkan sebuah pertandingan sehingga menjadi lebih riuh dan menyenangkan.  Hal ini pula yang senantiasa dilakukan oleh tim supporter dari SMA Negeri 1 Pontianak. Sesuai dengan asal bernaungnya perkumpulan supporter ini kemudian menamai dirinya dengan SMANSA MANIA.  

Berikut ini, beberapa fakta menarik tentang SMANSA MANIA yang harus kamu tahu:

 11 Tahun Juara Best Supporter Honda DBL West Kalimantan 

Best Supporter - sumber: dblpontianak

Kita semua tentu sudah tidak asing dengan perhelatan pesta olahraga bola basket bergengsi yang dikenal dengan Development Basketbal Leage atau yang dikenal dengan DBL. Yap, event ini selalu ditunggu oleh seluruh pelajar di Indonesia khususnya bagi mereka yang menyukai olahraga basket. Event olahraga yang didukung penuh oleh Honda ini diselenggarakan dibanyak kota besar di Indonesia sebagai upaya untuk menghadirkan serta menciptakan talenta-talenta pebasket muda yang berprestasi dari tanah air.   

Beberapa waktu yang lalu, penyelenggaraan Honda DBL West Kalimantan diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Berbagai tim basket berprestasi dari berbagai sekolah turut mengikuti ajang bergengsi ini, termasuk tim basket dari SMA Negeri 1 Pontianak.   Walaupun belum sukses sampai ke final, namun tim ini sukses mencuri perhatian melalui permainan yang mengagumkan. 

Namun, tak hanya sekadar tim basketnya yang membuat para penonton terkagum-kagum karena adapula tim supporter SMANSA MANIA yang habis-habiskan melakukan manuver terbaik sehingga membuat suasana perlombaan riuh dan menyenangkan.  Fakta mengejutkan lainnya adalah, SMANSA MANIA telah 11 tahun berturut-turut menjadi juara bertahan dengan predikat best supporter dalam ajang pagelaran Honda DBL West Kalimantan. Sungguh sebuah prestasi yang tidak perlu disangkal dan diragukan lagi bukan !!

Gajah Biru dan Ragam Koreo Heboh  

Dalam setiap pertandingan, maskot gajah biru tidak pernah absen dan menjadi kebanggaan. Yup, gajah biru merupakan maskot sekolah SMAN 1 Pontianak. Gajah merupakan perwujudan dari Ganesha atau dewa pengetahuan dan kecerdasan, pelindung, penolak bala atau bencana serta kebijaksanaan. Sedangkan biru menjadi warna identik yang menjadi identitas sekolah negeri terbaik di Kalimantan Barat ini.  

Gajah Biru dan ragam koreo menarik senantiasa dihadirkan dalam setiap performa dari SMANSA MANIA. Hal ini pula yang membuat sebuah pertandingan semakin menarik dan suasananya terlihat lebih hidup. Tidak hanya karakter gajar, ragam karakter lain seperti elang, joker dan lain sebagainya juga kerap kali dihadirkan sehingga semakin menyemarakkan suasana.

Didukung Sekolah, Melibatkan Seluruh Siswa  

Sungguh menjadi sebuah kebahagiaan tentu jika kegiatan atau agenda yang disusun didukung oleh sekolah. Seperti halnya SMANSA MANIA yang secara penuh didukung oleh Ibu Indang Maryati yang dalam sebuah himbauannya pada pelaksanaan lomba basket Honda DBL West Kalimantan lalu mengajak dan menghimbau siswa-siswi SMANSA untuk hadir dalam pertandingan, bersukacita mendukung tim kebangaannya. 

Hal ini pula yang membuat tribun kegiatan seolah disulap menjadi warna biru sesuai dengan warna kebanggan sekolah melalui pakaian dan ragam atribut yang dipakai para siswa hadir dalam kegiatan tersebut.  Sepanjang pertandingan, tidak hanya dominasi warna biru yang terlihat jelas oleh mata, namun juga berbagai aksi dan penampilan menarik dari SMANSA MANIA benar-benar mencuri perhatian banyak khalayak.   

SMANSA MANIA digerakkan oleh siswa-siswi itu sendiri, semua murni sebagai bentuk kecintaannya terhadap sekolah, SMA Negeri 1 Pontianak.

Tidak ada komentar