Menjadi Pemuda Pelopor Kota Pontianak dan Kalbar Tahun 2023


Saya menyadari bahwa keragaman menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dalam berbagai lingkup kehidupan. Oleh karenanya, menjaga dan merawat keragaman agar tercipta toleransi dan kedamaian harus senantiasa dilakukan.


Sejak terjun dalam isu keragaman ditahun 2016 dan tergabung dalam Perkumpulan Satu Dalam Perbedaan (SADAP) Indonesia tahun 2017. Saya belajar banyak hal tentang nilai-nilai kemanusiaan, HAM, bahkan intimidasi dan diskriminasi.



Bahkan menyaksikan dan berjejaring dengan korban hingga penyintasnya. Mengerikan memang, namun ruang jumpa dan diskusi ini mengantarkan saya tentang sebuah kesadaran, bahwa menempatkan nilai kemanusiaan diatas segalanya adalah kewajiban yang harus dilakukan.



Tak terasa, bertahun sudah terjun dan memantapkan diri menjadi penggerak diisu toleransi dan keragaman. Menyelenggarakan berbagai kegiatan sebagai ruang jumpa dan belajar, berjejaring menciptakan simpul sebagai suport system dan bahkan mendapatkan ancaman juga intimidasi, bagian dari perjuangan yang dilakukan.



Namun, saya yakin bahwa niat baik akan berdampak baik pula untuk saya sendiri dan juga orang lain.

Percayalah, dalam proses ini bukan plakat atau pengakuan yang menjadi tujuan. Namun, kerja-kerja untuk kemanusiaan yang kemudian lebih menjadi perhatian.


Tidak ada komentar